KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY DAN BIBLIOTHERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA SMP NEGERI 2 KOTA SINGKAWANG

INSAN SUWANTO , 0105515041 (2017) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY DAN BIBLIOTHERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA SMP NEGERI 2 KOTA SINGKAWANG. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF
Download (833Kb)

    Abstract

    Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan konseling kelompok CBT teknik cinematherapy dan bibliotherapy dalam mengurangi perilaku merokok siswa di SMP Negeri 2 Kota Singkawang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen Repeated Measures Design. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 12 siswa SMP N 2 Singkawang dimana pada masing-masing kelompok eksperimen yang terdiri dari 6 orang. Pemilihan subjek didasarkan pada kriteria perilaku merokok yang diperoleh dari hasil wawancara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis (skala perilaku merokok) dan pedoman wawancara. Data diolah dengan analisis deskriptif dan uji statistik Repeated Measures ANOVA. Berdasarkan hasil uji Repeated Measures ANOVA dapat diketahui bahwa hasil hitung (p) > sig. (0,05) dengan F (2,10) = 120,051. Sehingga, melalui konseling kelompok pendekatan CBT teknik cinematherapy secara signifikan dapat mengurangi perilaku merokok siswa SMP N 2 Singkawang. Selanjutnya, Berdasarkan hasil uji Repeated Measures ANOVA dapat diketahui hasil hitung (p) > sig. (0,05) dengan F (2,10) = 63,242. Sehingga, melalui konseling kelompok pendekatan CBT teknik bibliotherapy secara signifikan dapat mengurangi perilaku merokok siswa SMP N 2 Singkawang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui konseling kelompok pendekatan CBT teknik cinematherapy dan bibliotherapy secara signifikan dapat mengurangi perilaku merokok siswa SMP N 2 Singkawang. Selanjutnya, tidak terdapat perbedaan keefektifan antara konseling kelompok CBT teknik cinematherapy dengan teknik bibliotherapy dalam mengurangi perilaku merokok siswa SMP N 2 Singkawang.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 14 Nov 2017 08:56
    Last Modified: 14 Nov 2017 08:56

    Actions (login required)

    View Item