PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA PUTRI MELALUI KEGIATAN BAITUL ARQAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Kurnia Wuri Mikolehi , 3301411027 (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA PUTRI MELALUI KEGIATAN BAITUL ARQAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (612Kb)

    Abstract

    Baitul Arqam merupakan salah satu sarana pendidikan yang terdapat di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang mengajarkan pada mahasiswa tentang nilai-nilai karakter Islam berbasis Muhammadiyah. Tujuan dilaksakanannya Baitul Arqam agar para mahasiswa tersebut memahami dan mengaktualisasikan nilainilai karakter Islam sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Muhammadiyah. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mencetak generasi penerus yang handal sesuai cita-cita dan tujuan Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kajian ini berfokus pada landasan filosofis Baitul Arqam, visi, dan misi kegiatan, tujuan Baitul Arqam, peserta, kurikulum, model pembelajaran pendidikan karakter, strategi pembelajaran pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang ditanamkan, dan hambatan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data kualitatif mengunakan teknik dari Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Baitul Arqam ini menggunakan model pembelajaran andragogi. Model andragogi ini digunakan karena para peserta Baitul Arqam merupakan orang dewasa yang sudah mempunyai pengalaman-pengalaman sebelumnya. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah dengan strategi keteladanan, pembiasaan, dan creative approach. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di dalam kegiatan Baitul Arqam adalah kedisiplinan, kebersamaan, kesederhanaan, keberanian, kejujuran, keikhlasan, kesabaran, tanggungjawab, kepemimpinan, kreatif, peduli lingkungan dan peduli sosial. Karakter Islam yang diajarkan pula dalam kegiatan Baitul Arqam adalah kepribadian muslim, kepribadian mukmin, kepribadian muhsin dalam arti berakhlak mulia dan kepribadian muttaqin. Hambatan yang terdapat dalam pelaksanaan kegiatan Baitul Arqam berasal dari dua sumber yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal meliputi dari jumlah mahasiswa yang terlalu banyak, pemahaman mengenai Islam yang berbeda-beda dari para peserta Baitul Arqam, imam dan co imam training yang berasal dari kalangan mahasiswa semester 3 yang cenderung kurang pengalaman dalam hal memberikan materi, waktu yang kurang efektif dan efisien karena pelaksanaan kegiatan ini relatif singkat yaitu hanya 4 hari 3 malam. Sedangkan hambatan eksternal yaitu berasal dari lingkungan tempat tinggal para mahasiswa peserta Baitul Arqam yang kebanyakan tinggal secara indekos. Karena pada umumnya mereka jauh dari keluarga dan pengawasan orangtua, dimana hal tersebut sangat rentan membuat para mahasiswa terjerumus dalam pergaulan bebas yang jauh dari nilai-nilai agama. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya kegiatan mentoring diadakan seminggu 2 kali untuk memantau para peserta pasca kegiatan Baitul Arqam karena kegiatan mentoring hanya berlangsung sampai semester 4 saja. Hal ini dimaksudkan agar pemahaman Islam yang berbeda-beda dari peserta di Baitul Arqam dapat dengan perlahan disatukan dalam satu pandangan yang sama yaitu pandangan perspektif Muhammadiyah. Selain itu bertujuan untuk memantau kegiatan yang dilakukan para peserta di lingkungan pergaulan mereka pasca kegiatan Baitul Arqam. Karena pada dasarnya Baitul Arqam bertujuan untuk mengkader peserta untuk mengikuti dan memahami nilai-nilai agama islam perspektif Muhammadiyah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Baitul Arqam
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2017 12:43
    Last Modified: 13 Nov 2017 12:43

    Actions (login required)

    View Item