PERANAN TEKNOLOGI LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) TERHADAP LINGKUNGAN KAMPUS KONSERVASI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KECAMATAN GUNUNGPATI

AGUSTININGSIH TRI WULANDARI , 3250408057 (2016) PERANAN TEKNOLOGI LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) TERHADAP LINGKUNGAN KAMPUS KONSERVASI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (626Kb)

    Abstract

    UNNES sebagai perguruan tinggi telah mendeklarasikan sebagai Universitas Konservasi. Biopori merupakan salah satu kegiatan dari Green Campus yang merupakan program yang mendukung sebagai Universitas Konservasi. Pembuatan biopori bertujuan untuk memperbaik daur ulang hidrologi di lingkungan kampus dan pengembangannya bertujuan untuk menjamin ketersediaan sumber air di wilayah semarang. Berhubung dengan hal tersebut tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) kesesuaian jumlah LRB pada setiap area kampus, (2) kondisi dan kesesuaian LRB terhadap area kampus UNNES Kecamatan Gunungpati. (3) penerapan teknologi LRB dalam lingkungan kampus UNNES Kecamatan Gunungpati. Obyek penelitian ini adalah lubang resapan biopori. Variabel penelitian ini adalah: persebaran lokasi lubang resapan biopori, tempat yang sesuai untuk dijadikan lubang resapan biopori dan lokasi persebaran saluran air. Populasi penelitian ini adalah jumlah lubang resapan biopori seluruh kawasan UNNES di Kecamatan Gunungpati yaitu 458. Sampel penelitian ini adalah lubang resapan biopori pada setiap titik luasan area. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Lubang Resapan Biopori di UNNES dibuat pada: FIP 48 biopori, FBS 53 biopori, FIS 76 biopori, FMIPA 12 biopori, sekitar rektorat 84 biopori, kebun wisata pendidikan 96 biopori dan hutan mini kampus 89 biopori. Sebagian besar pembuatannya sudah sesuai dengan ketentuan tempat pembuatannya namun sesuai atau tidak cara pembuatannya sebagian kurang diketahui. Penerapannya terhadap lingkungan kampus belum maksimal, namun program ini akan dilanjutkan secara bertahap. Kesimpulan penelitian ini adalah Lubang Resapan Biopori di UNNES dibuat tersebar dan berpusat pada tempat-tempat tertentu dan jumlah yang tidak merata. Pembuatannya sudah sesuai dengan ketentuan tempat meskipun hanya terpusat dan sebagian kurang diketahui sesuai atau tidak dengan cara pembuatannya. Penerapannya terhadap lingkungan kampus belum maksimal, namun program ini akan dilanjutkan secara bertahap. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dalam tujuan memperkenalkan biopori seharusnya diratakan pembuatannya pada seluruh wilayah kampus termasuk FIK, FT dan yang lainnya, agar sebagian besar masyarakat dapat mengetahui keberadaan dan fungsinya, dan juga karena ini akan berpengaruh langsung terhadap lingkungan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Biopori, Lingkungan dan Kampus Konservasi
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2017 08:16
    Last Modified: 13 Nov 2017 08:16

    Actions (login required)

    View Item