ANALISIS PERBANDINGAN NILAI PROFIT PENGGUNAAN LAHAN PERTANIAN DAN PERTAMBANGAN PASIR DI DESA PEGIRINGAN KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG

Is One Nugroho , 3211411032 (2016) ANALISIS PERBANDINGAN NILAI PROFIT PENGGUNAAN LAHAN PERTANIAN DAN PERTAMBANGAN PASIR DI DESA PEGIRINGAN KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (530Kb)

    Abstract

    Perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi lahan pertambangan pasir menunjukan telah terjadi perubahan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari lahan. Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Mengetahui terjadinya perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi lahan pertambangan pasir, 2) Mengetahui faktor pendorong perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi lahan pertambangan pasir, 3 )Mengetahui perbandingan nilai profit penggunaan lahan pertanian dan lahan pertambangan pasir, 4) Mengetahui kegiatan petani setelah perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi lahan pertambangan pasir. Populasi dalam penelitian ini lahan pertanian yang berubah menjadi lahan pertambangan seluas 17 hektare, 300 petani sebagai pemilik lahan, dan 150 penambang pasir. Sampel untuk petani berjumlah 40 dan penambang berjumlah 20. Data tentang penggunaan lahan pertanian dan lahan pertambangan pasir didapatkan dari petani dan penambang. Metode penelitian ini menggunakan survei. Bentuk penelitian ini penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase dan interpretasi Citra Quickbird. Hasil penelitian menunjukan perubahan penggunaan lahan sebagai akibat sistem sewa lahan pertanian milik petani oleh Paguyuban Anugerah untuk digunakan sebagai lahan pertambangan pasir, rata-rata biaya sewa 21.000 rupiah per meter persegi. Faktor pendorong petani menyewakan lahannya yaitu, membutuhkan biaya, lahan tidak memiliki saluran irigasi, dan kondisi permukaan lahan. Nilai profit penggunaan lahan pertambangan pasir lebih menguntungkan, hanya ada satu kelemahan pada penggunaan lahan pertambangan pasir yaitu kondisi permukaan lahan yang rusak sehingga memerlukan reklamasi pasca kegiatan tambang. Petani tidak melakukan kegiatan pertambangan pasir setelah perubahan penggunaan lahan pertanian. Penggunaan lahan pertambangan pasir lebih menguntungkan dibandingkan lahan pertanian, tetapi kegiatan pertambangan memiliki dampak negatif yaitu permukaan lahan menjadi rusak dan ancaman hilangnya tanah bagian atas (top soil). Saran untuk menghindari dampak negatif tersebut yaitu, petani memperhatikan lahan mereka yang digunakan sebagai lahan pertambangan pasir.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penggunaan Lahan, Sewa Lahan, Nilai Profit.
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2017 12:20
    Last Modified: 10 Nov 2017 12:20

    Actions (login required)

    View Item