PEMANFAATAN CITRA SATELIT DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENGEMBANGAN RUANG TERBUKA HIJAU BERDASARKAN ESTIMASI SUHU PERMUKAAN DARATAN DI KOTA PEKALONGAN

Trida Ridho Fariz , 3211411024 (2016) PEMANFAATAN CITRA SATELIT DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENGEMBANGAN RUANG TERBUKA HIJAU BERDASARKAN ESTIMASI SUHU PERMUKAAN DARATAN DI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1239Kb)

    Abstract

    Sistem Informasi Geografis (SIG), Suhu Permukaan Daratan Dampak perubahan iklim di kota pesisir berpotensi menyebabkan kenaikan muka air laut, banjir dan peningkatan suhu. Meningkatnya suhu bumi berhubungan dengan fenomena Urban Heat Island dan fenomena ini sudah terjadi di pesisir utara Jawa Tengah ditandai dari tahun 2004 sampai 2014 terjadi peningkatan suhu sebesar 0,2530 C. (BMKG Statklim Semarang). Kota Pekalongan yang merupakan kota pesisir di utara Jawa Tengah luasan area terbangunnya meningkat dari 25,61 km2 pada tahun 2011 menjadi 25,71 km2 pada tahun 2012 (BPS Kota Pekalongan, 2013). Salah satu cara mengatasi femomena urban heat island adalah dengan RTH atau Ruang Terbuka Hijau, tetapi luas RTH Kota Pekalongan sekitar 6,91 km2 atau 15,39% dari luas wilayah (BLH Provinsi Jawa Tengah, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi persebaran RTH di Kota Pekalongan dengan menggunakan citra satelit dan sistem informasi geografis; 2) Mengetahui persebaran suhu permukaan daratan di Kota Pekalongan dengan menggunakan citra satelit dan sistem informasi geografis; 3) Mengetahui wilayah prioritas pengembangan RTH di Kota Pekalongan dengan sistem informasi geografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil interpretasi penutup lahan dari citra satelit Quickbird mempunai akurasi sebesar 92,5% dan dari hasil interpretasi citra satelit Quickbird didiketahui bahwa luas RTH Kota Pekalongan adalah 12,796 Km2 atau 27,88% dari luas wilayah dengan persebaran mengelompok pada Kecamatan Pekalongan Barat dan Kecamatan Pekalongan Selatan. Suhu permukaan daratan hasil pengolahan citra satelit Landsat 7 ETM+ di Kota Pekalongan adalah 26,870 sampai 32,090C dengan korelasi terhadap suhu dilapangan adalah sebesar 0,66. Dan wilayah yang menjadi prioritas pengembangan RTH adalah Kelurahan Bendan, Kelurahan Kergon, Kelurahan Medono, Kelurahan Pringlangu di Kecamatan Pekalongan Barat, Kelurahan Kradenan di Kecamatan Pekalongan Selatan, Kelurahan Landungsari dan Kelurahan Noyontaan di Kecamatan Pekalongan Timur. dengan jenis RTH yang dikembangkan adalah RTH sempadan jalan, sempadan SUTT, sempadan sungai dan pekarangan rumah maupun kantor dengan jenis vegatasi berkanopi besar. Saran yang didapat dari penelitian ini adalah pemerintah sebaiknya tidak hanya sebatas untuk memenuhi batas persentase minimal berdasarkan peraturan tetapi harus benar-benar efektif sesuai dengan fungsi dari peraturan perundangan tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Citra Satelit, Pola Persebaran, Ruang Terbuka Hijau (RTH),
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2017 11:49
    Last Modified: 10 Nov 2017 11:49

    Actions (login required)

    View Item