IKLIM KELAS DAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN LASEM

Hani’ Rosyidah, 0105515011 (2017) IKLIM KELAS DAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN LASEM. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF
Download (1013Kb)

    Abstract

    Kecemasan akademis yang dialami siswa termanifestasi dalam perilaku yang kurang tepat. Efek dari kecemasan akademik yang dialami siswa juga dapat menimbulkan atau memberikan efek kinerja kognisi pada siswa. Dampaknya siswa menjadi tidak fokus dalam proses pembelajaran tapi lebih fokus pada kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara iklim kelas dengan self-efficacy siswa, (2) hubungan antara iklim kelas dengan kecemasan akademik (class-related anxiety), berbeda pada learning related anxiety menunjukkan tidak adanya signifikasi yang negatif, (3) hubungan self-efficacy dengan kecemasan akademik siswa, (4) hubungan antara iklim kelas dan kecemasan akademik pada siswa yang dimediasi self-efficacy siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA, SMK dan MA se-kecematan Lasem baik swasta maupun negeri, yang terdapat 9 sekolah. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan besar sampel (n=535). Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa Classroom Environment Scale (CES) dengan α = 0,754, A Achievement Emotions Questionnaire (AEQ) dengan α = 0,904, Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dengan α = 0,836. Teknik analisis menggunakan teknik bias corrected bootstrap method dengan N=5000 dan confidential interval 95%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif yang signifikan antara iklim kelas dengan self-efficacy (CRA & LRA: β=0,2469, p=<0,01) (2) adanya hubungan negatif antara iklim kelas dengan kecemasan akademik (CRA: β=-0,2595, p=<0,01) namun berbeda LRA: (β= -0,0536, p=0.1594) (3) ada hubungan negatif antara self-efficacy dengan kecemasan akademik (CRA: β=-05106, p=<0.01; LRA: β= -0,3478, p=<0,01) (4) ada hubungan signifikan antara iklim kelas dengan kecemasan akademik. Saran untuk guru diharapkan dapat memberikan bimbingan akademik dan arahan untuk mengembangkan potensi siswa terkait iklim kelas yang positif, self-efficacy yang tinggi sehingga menghasilkan kecemasan akademik yang menurun. konselor sekolah diharapkan dapat memberikan pelayanan bimbingan dan konseling secara khusus layanan konsultasi untuk meningkatkan iklim kelas yang positif, self-efficacy serta meminimalisir kecemasan akademik. Bagi peneliti lanjut diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel lain untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas, self-efficacy dan kecemasan akademik yang disesuaikan dengan sampel penelitian yang lebih beragam serta penelitian secara longitudinal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 10 Nov 2017 09:56
    Last Modified: 10 Nov 2017 09:56

    Actions (login required)

    View Item