PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA UNTUK MENDUKUNG KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN IPS SMP SE-KOTA SEMARANG (STUDI KASUS SMP H ISRIATI SEMARANG, SMP N 6 SEMARANG DAN SMP N 24 SEMARANG) TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Putri Fajar Wahyuningtyas , 3101411023 (2016) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA UNTUK MENDUKUNG KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN IPS SMP SE-KOTA SEMARANG (STUDI KASUS SMP H ISRIATI SEMARANG, SMP N 6 SEMARANG DAN SMP N 24 SEMARANG) TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1454Kb)

    Abstract

    Guru merupakan faktor penting dalam mewujudkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, guru IPS harus bisa memanfaatkan sumber belajar sejarah, dan menggunakan metode pembelajaran yang baik agar dalam pembelajaran tersebut bisa tercapai dengan maksimal. Masalah pokok yang dikaji dalam penelitian adalah (1) bagaiamanakah rancangan pembelajaran yang digunakan guru yang memuat pemanfaatan sumber belajar IPS sejarah, (2) bagaimanakah pemanfaatan sumber belajar sejarah dalam proses belajar mengajar IPS sejarah untuk mendukung ketercapaian pembelajaran, (3) apa sajakah kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan sumber belajar sejarah siswa untuk mendukung ketercapaian pembelajaran IPS sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitiatif deskriptif dengan mengambil penelitian di tiga sekolah yang berada di Kota Semarang yaitu SMP H Isriati semarang, SMP N 6 Semarang dan SMP N 24 Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS dan siswa. Sumber lain berupa data profil sekolah dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan teknik triangulasi sumber yang digunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) rancangan pembelajaran dalam mengembangkan RPP IPS materi sejarah, masing-masing guru belum bisa mengembangkannya dengan baik, hal ini terlihat dari RPP guru yang didapatkan dari MGMP belum mengalami banyak perubahan dan belum disesuaikan dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing.(2) masing-masing guru dan siswa ditiga SMP Kota Semarang bisa memanfaatkan sumber belajar sejarah yang ada di sekolah maupun di luar sekolah, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan sumber belajar sejarah yaitu perbedaan pembahasan antara buku penerbit Erlangga dan BSE seperti kronologi peristiwa dalam materi perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat. Kemudian dalam pemanfaatan sumber belajar sejarah yang ada diluar sekolah membutuhkan waktu, biaya dan pengawasan yang lebih.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Pembelajaran IPS
    Subjects: L Education > Special Education > History Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: Users 98 not found.
    Date Deposited: 01 Nov 2017 13:00
    Last Modified: 01 Nov 2017 13:00

    Actions (login required)

    View Item