Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Usaha dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Konveksi Di Kabupaten Kudus

Arini Mayang Fauni, 0701514006 (2017) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Usaha dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Konveksi Di Kabupaten Kudus. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF
Download (1065Kb)

    Abstract

    Kinerja Usaha adalah segala upaya yang dilakukan oleh pemilik atau pengelola UMKM Konveksi di Kabupaten Kudus agar kegiatan usaha yang dijalankan mendapatkan hasil akhir yang terbaik, pada periode waktu yang telah ditentukan sebagai tolok ukur tingkat untuk menuju ke keberhasilan suatu pengelolaan usaha. Kinerja usaha juga dapat dipandang sebagai sebuah konsep yang digunakan untuk mengukur sampai sejauh mana keberhasilan suatu pengelolaan usaha yang dipengaruhi oleh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi usaha, dan keunggulan bersaing. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi usaha baik langsung maupun tidak langsung melalui keunggulan bersaing dan menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh keunggulan bersaing terhadp kinerja usaha. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur yang diolah menggunakan SPSS. Subjek penelitian ini adalah UMKM Konveksi di Kabupaten Kudus dengan sampel sebanyak 163 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh positif dan signifikan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha baik langsung maupun tidak langsung melalui keunggulan bersaing dengan total pengaruh sebesar 21,70 % (2) Ada pengaruh positif dan signifikan orientasi pasar terhadap kinerja usaha baik langsung maupun tidak langsung melalui keunggulan bersaing dengan total pengaruh sebesar 14,40 % (3) Ada pengaruh inovasi usaha terhadap kinerja usaha baik langsung maupun tidak langsung melalui keunggulan bersaing dengan total pengaruh sebesar 31,30% (4) Ada pengaruh positif dan signifikan keunggulan bersaing terhadap kinerja usaha sebesar 19,70 % Agar dapat menggeneralisir kinerja UMKM secara lebih luas lagi, disarankan penelitian yang akan datang dapat dilakukan secara lintas kabupaten atau kota. Disarankan juga sebaiknya UMKM tetap melakukan kontrol perilaku organisasi sesuai dengan teori perilaku terencana, lebih memperhatikan aspek inovasi usaha, dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan pertukaran pengetahuan dengan UMKM lainnya. Agar hasil penelitian yang akan datang lebih objektif lagi, maka selain menggunakan instrument kuesioner sebaiknya juga dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kegiatan usaha.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 24 Oct 2017 08:39
    Last Modified: 24 Oct 2017 08:39

    Actions (login required)

    View Item