ANALISIS PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SEMARANG

Anik Alfiah, 0103514026 (2017) ANALISIS PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SEMARANG. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF
Download (572Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis: 1) pelaksanaan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Wonodri Semarang. 2) pola interaksi efektif dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Wonodri Semarang. 3) evaluasi pelaksanaan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Wonodri Semarang. 4) kendala dan solusi penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Wonodri Semarang. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru, orang tua. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab mengacu pada tujuan pendidikan nasional, visi dan misi TK, dan akhlak Rasulullah, yang dimulai sejak anak datang hingga pulang. Penanaman karakter diatur melalui SOP, semua guru dan pegawai. Pembinaan penanaman karakter melalui bercerita islami dan memberikan contoh/praktek langsung. Media yang digunakan berupa buku cerita, video pembelajaran, dan pemberian contoh langsung pendidik. (2) Model interaksi dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab adalah interaksi dua arah langsung dengan anak didik yang dilakukan secara terus menerus, model diskusi dan demokrasi. Adanya hubungan baik antar sesama guru yang saling kerjasama, tukar pendapat, satu visi dan misi. Hubungan antara guru dan orang tua saling memberikan informasi tentang perkembangan karakter anak di rumah dan di sekolah dan kerjasama orang tua serta saling memberi masukan. (3) Evaluasi penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab dilaksanakan tiap hari agar mengetahui tingkat keberhasilan SOP dan tata tertib yang diterapkan, tingkat keberhasilan visi dan misi TK, dan tingkat keberhasilan program TK. Bentuk evaluasi pengamatan dan pencatatan laporan orang tua, dan melihat perubahan tingkah laku anak. (4) Kendalnya, sebagian orang tua belum dapat mensinkronkan pembiasaan yang ditanamkan, solusinya perlu melibatkan pihak sekolah (intern) dan pihak orang tua (ekstern), kerjasama orang tua, parenting education, bimbingan rutin. Kendala internal, rendahnya kemampuan anak memahami aturan, daya pikir anak yang lemah dan orang tua kurang perhatian. Faktor eksternal, faktor lingkungan memberi warna pada karakter anak kurang disiplin, kebiasaan anak di rumah dibawa ke sekolah, solusinya: 1) guru sabar memberikan penanaman karakter, 2) mengajak anak berkomitmen mengikuti tata tertib, 3) bekerjasama dengan orang tua.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 24 Oct 2017 08:14
    Last Modified: 24 Oct 2017 08:14

    Actions (login required)

    View Item