KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA

Fidiana Astutik, 0103515080 (2017) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF
Download (576Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa dalam pembelajaran DLPS bernuansa etnomatematika, DLPS dan ekspositori, 2) perbedaan Self Efficacy siswa dalam pembelajaran DLPS bernuansa etnomatematika, DLPS dan ekspositori, 3) interaksi antara kemampuan pemecahan masalah Matematika dan Self Efficacy siswa dalam pembelajaran DLPS bernuansa etnomatematika, pembelajaran DLPS dan pembelajaran ekspositori, 4) kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari Self Efficacy menggunakan model DLPS bernuansa etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah mixed methods, dengan desain concurrent embedded. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3 Temulus sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran DLPS bernuansa etnomatematika, SD 5 Temulus sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran DLPS, dan SD 2 Temulus dengan pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan one way anava dan two way anava. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara pembelajaran ekspositori, DLPS dan DLPS bernuansa etnomatematika, (2) terdapat perbedaan Self Efficacy siswa antara pembelajaran ekspositori, DLPS dan DLPS bernuansa etnomatematika, (3) tidak ada interaksi antara kemampuan pemecahan masalah dan Self Efficacy siswa, (4) Siswa dengan Self Efficacy tinggi mampu mencapai keempat tahap kemampuan pemecahan masalah, siswa dengan Self Efficacy sedang mampu mencapai tiga tahap kemampuan pemecahan masalah dan siswa dengan Self Efficacy rendah hanya mampu mencapai dua tahap kemampuan pemecahan masalah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 23 Oct 2017 09:31
    Last Modified: 23 Oct 2017 09:31

    Actions (login required)

    View Item