Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavioral Rehearsal terhadap Perilaku Bullying dan Asertif Siswa Kelas XI SMAN 1 Poto Tano Sumbawa Barat Tahun Ajaran 2016/2017

Dewi Susanti, 0105515012 (2017) Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavioral Rehearsal terhadap Perilaku Bullying dan Asertif Siswa Kelas XI SMAN 1 Poto Tano Sumbawa Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Masters thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap individu memiliki hak untuk memenuhi kehidupan peribadinya dengan cara menyampaikan apa yang diinginkan tanpa menyakiti hak peribadi dan orang lain. Disisi lain terdapat beberapa individu yang menyakiti hak orang lain demi menjaga hak peribadinya. Seharusnya setiap individu mampu menjaga hak peribadi dan hak orang lain agar tidak ada yang tersakiti. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat perilaku bullying siswa kelas XI di SMAN 1 Poto Tano; (2) mengetahui tingkat asertif siswa kelas XI di SMAN 1 Poto Tano; (3) memperoleh konseling kelompok teknik behavioral rehearsal untuk menurunkan bullying siswa XI di SMAN 1 Poto Tano; (4) memperoleh konseling kelompok teknik behavioral rehearsal untuk meningkatkan asertif siswa XI di SMAN 1 Poto Tano. Metode penelitian adalah single group repeated measures design yang dilaksanakan dengan 3 kali observasi bullying dan asertif, yakni pretest, postest dan followup. Subjek penelitian berjumlah 7 siswa untuk bullying dan 7 siswa untuk asertif pada kelas XI yang dipilih berdasarkan tujuan dan kriteria tertentu ke dalam kelompok eksperimen menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji menunjukkan bahwa (1) rata-rata kondisi bullying siswa kelas XI di SMAN 1 Poto Tano 2016/2017 berada pada tingkat tinggi, (2) rata-rata kondisi asertif siswa kelas XI di SMAN 1 Poto Tano 2016/2017 berada pada tingkat rendah, (3) berdasarkan hasil uji Repeated Measures ANOVA diketahui bahwa terdapat penurunan bullying signifikan (F (2,12) = 180,75, p<0.01). Selanjutnya diketahui bahwa terdapat peningkatan asertif signifikan (F(2,12) =72,58, p<0,01). Penurunan dan Peningkatan yang dilakukan menegaskan bahwa konseling kelompok dengan teknik behavioral rehearsal efektif terhadap perilaku bullying dan asertif siswa. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada (1) hendaknya mengadakan kegiatan konseling kelompok dengan teknik behavioral rehearsal untuk menurunkan prilaku bullying siswa serta untuk meningkatkan asertif siswa (2) peneliti selanjutnya hendaknya mampu mempersiapkan diri dengan baik dan semaksimal mungkin dalam melaksanakan konseling kelompok. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat melakukan penelitian denga menggunakan konseling kelompok dengan teknik yang sama, tetapi dengan masalah, pendekatan dan subyek penelitian yang berbeda. Serta ketika menggunakan desain penelitian yang sama diharapkan memberikan waktu yang lebih lama lagi untuk pengambilan post test 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Oct 2017 09:30
Last Modified: 20 Oct 2017 09:30

Actions (login required)

View Item