PERAN DAN KEDUDUKAN PESERTA DIDIK DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA KOTA SEMARANG

Ika Yulianingsih, 0602513068 (2015) PERAN DAN KEDUDUKAN PESERTA DIDIK DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (188Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran PJOK, mengetahui peran peserta didik terhadap konstruksi penyelenggaraan PJOK, mengetahui persepsi peserta didik terhadap penyelenggaraan mata pelajaran PJOK. Populasi penelitian sebanyak 54 SMA Swasta di Kota Semarang yang menduduki 8 rangking bawah berdasarkan hasil nilai UAN 2013/2014. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 319 peserta didik, terdiri dari 235 laki-laki dan 154 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan diskriptif kuantitatif dengan persentase dan coeficient IQV (Indeks Qualitative Variation). Hasil penelitian pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran PJOK ditinjau dari hasil analisis 3 indikator, antara lain indikator 1 hakikat konten pelajaran dengan rata-rata 43 (baik), indikator 2 mengetahui tujuan pelajaran dengan rata-rata 62 (baik), indikator 3 mengetahui pentingnya pelajaran dengan rata-rata 53 (baik), jadi pemahaman peserta didik pada 8 SMA Swasta peringkat bawah di kota Semarang memiliki pemahaman yang baik. Peran peserta didik terhadap konstruksi pembelajaran PJOK ditinjau dari 5 indikator pada indikator 1 Peserta didik sebagai subyek pendidikan dengan rata-rata 20 (cukup baik), indikator 2 peserta didik ikut menentukan hasil belajar dengan rata-rata 25 (baik), indikator 3 peserta didik memiliki kebebasan menentukan cara belajar dengan rata-rata 29 (baik), indikator 4 peserta didik adalah subyek yang dipenuhi kebutuhan belajarnya dengan rata-rata 16 (baik), indikator 5 peserta didik adalah bagian interaksi edukatif dengan rata-rata 31 (baik), jadi peran didik pada 8 SMA Swasta di kota Semarang memiliki peran yang baik. Persepsi peserta didik terhadap PJOK ditinjau dari indikator 1 tanggapan/pandangan peserta didik terhadap PJOK dengan rata-rata 36 (cukup baik), indikator 2 sikap peserta didik terhadap PJOK dengan rata-rata 50 (baik), indikator 3 harapan peserta didik terhadap PJOK dengan rata-rata 34 (baik), indikator 4 kesiapan peserta didik terhadap PJOK dengan rata-rata 32 (baik), jadi persepsi peserta didik di 8 SMA Swasta di kota Semarang memiliki kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan pemahaman yang baik dalam mata pelajaran PJOK, memiliki peran yang baik terhadap konstruksi perencanaan PJOK dan memiliki persepsi yang baik pada PJOK. Saran, bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian dengan faktor yang berbeda untuk mengungkap persepsi peserta didik terhadap PJOK dan harus bisa mengontrol keterbatasan tenaga dan waktu penelitian.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 18 Jul 2017 10:40
    Last Modified: 18 Jul 2017 10:40

    Actions (login required)

    View Item