PENGEMBANGAN SARANA MULTIMEDIA “PELANGGARAN DAN KESALAHAN” MELALUI VIDEO UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 14 SEMARANG

Ayu Rizki Febriani, Ayu Rizki Febriani (2015) PENGEMBANGAN SARANA MULTIMEDIA “PELANGGARAN DAN KESALAHAN” MELALUI VIDEO UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 14 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (630Kb)

    Abstract

    Kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di sekolah dasar Islam al azhar 14 Semarang memiliki keterbatasan media untuk menyampaikan pemahaman tentang pelanggaran dan kesalahan yang terjadi, salah satu kendala yaitu ketika transisi peserta ekstrakurikuler baru. Pelatih menjelaskan pelanggaran dan kesalahan yang terjadi dalam permainan bolabasket, namun penjelasan yang diberikan melalui lisan maupun demonstrasi sulit dipahami karena kompleksitas gerakan dan bahasa yang digunakan (bahasa Inggris), sehingga aplikasi di lapangan banyak peserta ekstrakurikuler yang melakukan pelanggaran dan kesalahan dalam permainan bolabasket yang dilakukan. Prosedur pengembangan ADDIE yang digunakan meliputi beberapa tahap; 1) menganalisis produk yang akan dikembangkan, 2) mendesain tayangan video yang akan ditampilkan, 3) developmen yaitu validasi ahli, uji coba skala kecil, 4) mengimplementasikan produk ke sekolah-sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler bolabasket, uji skala besar, 5) evaluasi dan penilaian. Instrumen yang digunakan: (1) data statistik pelanggaran dan kesalahan, (2) kuesioner peserta ekstrakurikuler, (3) lembar validasi ahli, (4) lembar angket pelatih, (5) lembar panduan wawancara (pengembangan dari butir soal kuesioner peserta ekstrakurikuler bolabasket). Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan uji banding (pired samples T test). Hasil penelitian ini (1) video “Pelanggaran dan Kesalahan” untuk peserta ekstrakurikuler sekolah dasar Islam Al Azhar 14 Semarang dapat menjadi sarana belajar yang mudah dipahami, (2) perubahan tindakan melakukan pelanggaran dan kesalahan menjadi berkurang sebanyak 62,04%, (3) efektifitas video “Pelanggaran dan Kesalahan” ini yaitu mempermudah pelatih dalam menjelaskan peraturan tentang pelanggaran dan kesalahan dalam permainan bolabasket yang dilakukan oleh peserta ekstrakurikuler, menjadi sarana berupa media belajar yang dapat dipelajari diluar jam kegiatan ekstrakurikuler. Video “Pelanggaran dan Kesalahan” mampu mengatasi keterbatasan referensi belajar bagi peserta ekstrakurikuler untuk memahami peraturan permainan bolabasket. Perubahan hasil pelanggaran dan kesalahan yang dilakukan oleh peserta ekstrakurikuler bolabasket SDIA 14 Semarang menjadi berkurang. Video “Pelanggaran dan Kesalahan” efektif, karena menjadi sarana bantu pelatih dalam menjelaskan pelanggaran dan kesalahan kepada peserta ekstrakurikuler yang mudah dipahami dan mudah diingat, video ini dapat dipelajari dilain waktu kegiatan ekstrakurikuler dan video ini dapat dikembangkan sesuai peraturan yang berlaku di masa yang akan datang.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 18 Jul 2017 10:35
    Last Modified: 18 Jul 2017 10:35

    Actions (login required)

    View Item