MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN AN NUR WANAREJAN UTARA KABUPATEN PEMALANG

Suhadi, 0102513004 (2015) MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN AN NUR WANAREJAN UTARA KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (390Kb)

    Abstract

    Salah satu unsur yang penting dimiliki oleh suatu pondok pesantren agar menjadi pondok pesantren yang dapat mencetak SDM yang berkualitas adalah dari segi pembiayaan. Permasalahan yang terjadi didalam lembaga terkait dengan manajemen pembiayaan pendidikan diantaranya sumber dana yang terbatas, pembiayaan program yang kurang jelas, tidak transparan, tidak mendukung visi, misi, dan kebijakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan Menganalisis perencanaan anggaran pembiayaan pendidikan pada pondok pesantren An Nur Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang, (2) Mendeskripsikan dan Menganalisis sistem pembukuan biaya yang digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan pendidikan pada pondok pesantren An Nur Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang. (3) Mendeskripsikan dan Menganalisis sistem evaluasi penggunaan biaya pendidikan pada pondok pesantren An Nur Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang, dan (4) Mengetahui Hambatan dan Pendukung dalam manajemen pembiayaan pendidikan pada pondok pesantren An Nur Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren An Nur Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang dengan mengambil informan sebanyak 4 orang yang terdiri dari Pengasuh Pondok Pesantren, Bendahara Pondok Pesantren, Pengurus Pondok Pesantren dan Ustad atau Pengajar Pondok Pesantren. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Proses penganggaran Pembiayaan Pendidikan Pondok Pesantren An Nur melibatkan Pengasuh Pondok, Pengurus Pondok, Dewan Asatid (Pengajar) dan Bendahara Pondok dan dilaksanakan pada awal bulan syawal. Dalam musyawarah peserta menyusun draf anggaran kemudian pengurus minta persetujuan Pengasuh Pondok Pesantren. (2) proses pembukuan pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren An Nur, masing-masing ketua kelas melaporkan ke bendahara pondok pengeluaran dan pemasukan. Dalam proses ini dilaksanakan pada akhir tiap-tiap bulan. Setelah rekap pembukuan selesai maka disahkan oleh pengasuh pondok, kepala pondok dan bendahara pondok. (3) Sistem Evaluasi Pembiayaan Pendidikan Pondok Pesantren An Nur tidak terjadwal secara pasti dalam 1 bulan dalam kegiatan majlis syahriah. (4) Faktor pendukung yang ada diantaranya: pembayaran syahriah yang lancar, kerja sama dengan dermawan dan kebijakan pemerintah tentang pembiayaan pendidikan untuk pondok pesantren sedangkan faktor penghambat berkenaan dengan alur pencairan dana dan keterlambatan pembayaran syahriah. Simpulan Penelitian (1) Dalam perencanaan anggaran perlu juga membahas tentang gaji pengajar (asatid), biaya transport dan biaya asuransi, karena hal tersebut telah di atur dalam Permendiknas N0 69 Tahun 2009 Tahun 2009 tentang Standar Biaya Operasi Nonpersonalia (2) Sistem pembukuan di Pondok Pesantren An Nur masih banyak laporan bulanan yang menunjukan kekurangan biaya. (3) Sistem evaluasi di Pondok Pesantren An Nur perlu perbaikan agar ke depan lebih baik. Karena di Pondok Pesantren An Nur evaluasi tidak dijadwal secara pasti. (4) Faktor penghambat diantaranya masih banyaknya santri yang belum membayar syahriyah tepat pada waktunya. Kemudian, untuk faktor pendukung adalah dengan kesadaran orang tua santri dan santri membayar syahriyah tepat pada waktunya dan tenaga kependidikan yang profesioanal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 20 Apr 2017 13:04
    Last Modified: 20 Apr 2017 13:04

    Actions (login required)

    View Item