PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA GURU DI SMP KOTA PEKALONGAN

Slamet Suroso, 0102513027 (2015) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA GURU DI SMP KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (723Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional guru, serta motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Kota Pekalongan. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Kota Pekalongan, sampel diambil dengan teknik proportional cluster random sampling dari tiap sekolah pada empat kecamatan di Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang diberikan kepada responden secara langsung, dengan melalui uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi dengan uji prasyarat analisis dan uji t parsial serta uji path analysis. Hasil uji di antaranya : (1) Uji Validitas, item pertanyaan dalam angket untuk semua variabel penelitian valid, (2) Uji Reliabilitas, item pertanyaan dalam angket semua variabel penelitian reliabel, (3) Uji prasyarat analisis semua variabel penelitian lolos uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterogenitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional guru berpengaruh langsung terhadap motivasi. (2) Supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional guru, dan motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. (3) Supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional guru berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Kompetensi profesional guru memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi kerja. (2) Motivasi kerja mempunyai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan serta kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru. (3) Supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan dan kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Disarankan sebagai berikut: (1) Kepala sekolah harus dapat meningkatkan supervisi akademik agar pencapaian tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien. (2) Guru diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan diri. (3) Kepala sekolah harus selalu memperhatikan motivasi kerja guru, agar kinerjanya selalu meningkat.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 20 Apr 2017 13:01
    Last Modified: 20 Apr 2017 13:01

    Actions (login required)

    View Item