PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIPADU PENUGASAN SURVEI PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENANAMKAN SIKAP PEDULI KESEHATAN

Maridah Nurjanah, 0402513087 (2015) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIPADU PENUGASAN SURVEI PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENANAMKAN SIKAP PEDULI KESEHATAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (721Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis masalah dipadu penugasan survei padam ateri sistem pertahanan tubuh dalam menanamkansikappedulikesehatandanhasilbelajarsiswa. Rancangan penelitian dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Kesatrian 2 yang terbagi menjadi empat kelas. Sampel diambil tiga kelas dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive sampling. Ketigakelastersebutadalah XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen I (PBM Survei Lapangan), XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen II (PBM Survei internet)dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol (PBM). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap analisis. Data dalam penelitian ini diperoleh dari sikap peduli kesehatan, tes akhir, dan keterampilan berpikir kritis. Ketiga data tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif dan anava. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil tes akhir antara kelas eksperimen I dan kontrol pada aspek pengetahuan, dimana kelas eksperimen I lebih baik dari kelas kontrol. Kelas eksperimen II dengan kontrol tidak ada perbedaan tes akhir. Kelas eksperimen I dan II tidak ada perbedaan pada tes akhir. Aspek sikap menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen I dengan kontrol, dimana penanaman peduli kesehatan kelas eksperimen I lebih baik dari kelas kontrol. Kelas eksperimen II dengan kontrol tidak ada perbedaan aspek sikap. Kelas eksperimen I dan II tidak ada perbedaan pada aspek sikap. Aspek keterampilan menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen I dan II dengan kontrol, dimana kelas eksperimen I dan II lebih tinggi tingkat kekritisannya dari kelas kontrol. Kelas eksperimen I dan II tidak ada perbedaan pada aspek keterampilan. (2) Rata-rata skor tes akhir siswa kelas eksperimen melampaui 2,67 pada pembelajaran PBM dipadu survei. (3) Sebanyak lebih 85% siswa pada kelas eksperimen peduli dengan kesehatan mereka. (4) Tingkat kekritisan siswa pada kelas eksperimen lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PBM dipadu dengan survei efektif terhadap hasil belajar pada materi sistem pertahanan tubuh, dimana urutan kelas dari yang terbaik menurut hasil penelitian adalah kelas Eksperimen I > Eksperimen II > Kontrol.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 19 Apr 2017 11:38
    Last Modified: 19 Apr 2017 11:38

    Actions (login required)

    View Item