Pengembangan Bahan Ajar Keanekaragaman Hayati berbasis Problem Based Learning untuk Membangun Kesadaran Lingkungan Hidup Siswa di SMA Negeri 1 Menyuke.

Mada Martius, 0402513020 (2016) Pengembangan Bahan Ajar Keanekaragaman Hayati berbasis Problem Based Learning untuk Membangun Kesadaran Lingkungan Hidup Siswa di SMA Negeri 1 Menyuke. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (330Kb)

    Abstract

    Kesulitan untuk menemukan spesies dan bahkan hilangnya spesies tertentu di hutan Kabupaten Landak Kalimantan Barat, mengurangi keanekaragaman hayati dan keseimbangan lingkungan di dalamnya. Usaha penanaman nilai dan kesadaran tentang lingkungan hidup perlu dilakukan, salah satunya menggunakan bahan ajar keanekaragaman hayati berbasis Problem Based Learning. Tujuannya untuk mengidentifikasi validitas dari bahan ajar, meningkatkan kemandirian siswa dalam memecahkan masalah, meningkatkan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup dan menganalisis hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D modifikasi dari tahapan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement & Evaluation) berdasarkan Reiser & Mollenda. Tahap pertama analisis awal dengan analisis kompetensi, karakter peserta dan instruksional, kedua pembuatan bahan ajar, ketiga penilaian validator, keempat uji skala terbatas dan uji skala besar kemudian kelima evaluasi keseluruhan. Hasil validasi ahli media, ahli materi dan Guru menyatakan bahan ajar sangat valid dan dapat digunakan. Melalui analisis uji N gain secara keseluruhan siswa memiliki rata-rata kenaikan 49% masuk kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata kenaikannya 27,6% masuk kategori rendah. Data ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari hasil uji t. Ini membuktikan siswa lebih memahami materi menggunakan bahan ajar keanekaragaman hayati berbasis PBL. Siswa lebih mandiri dalam diskusi pemecahan masalah dan antusias mengerjakan laporan hasil diskusi. Siswa lebih sadar tentang lingkungan terlihat dari pengisian angket kesadaran dengan kategori skor baik dan tindakan nyata yang siswa lakukan dengan menanam beberapa jenis tanaman yang mulai langka.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 19 Apr 2017 11:34
    Last Modified: 19 Apr 2017 11:34

    Actions (login required)

    View Item