PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH BERMUATAN GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA

LAELY ZAHRO, 0402513011 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH BERMUATAN GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (343Kb)

    Abstract

    Pada era persaingan bebas saat ini, bangsa Indonesia harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki daya saing yang tinggi. Oleh karena itu pola pikir setiap siswa harus dikembangkan agar memiliki keunggulan kompetitif. Terkait dengan persiapan sumber daya manusia yang berkualitas, siswa perlu dibekali keterampilan berpikir dan bertindak berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya yaitu keterampilan generik sains. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah LKS berbasis masalah bermuatan green chemistry yang dikembangkan valid, dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa (inferensi logika dan kesadaran skala besaran), efektif, dan mendapat respon positif dari siswa. Metode penelitian ini yaitu research and development. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran kimia. Rerata N-gain keterampilan generik inferensi logika mencapai (0,769) tinggi dan kesadaran skala besaran mencapai (0,620) sedang. Perangkat pembelajaran juga dapat meningkatkan pengetahuan green chemistry dengan rerata N-gain mencapai (0,476) sedang dan rerata N-gain kemampuan pemecahan masalah mencapai (0,571) sedang. Uji signifikansi menggunakan paired simple t-test menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Keefektifan penelitian ini dilihat dari ketuntasan belajar pada aspek kognitif mencapai nilai KKM. Hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa subjek penelitian ini sudah mencapai ketuntasan belajar. Lebih dari 75% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan LKS berbasis masalah bermuatan green chemistry. Keterampilan generik sains berkembang dengan baik karena dengan menggunakan LKS berbasis masalah bermuatan green chemistry siswa diarahkan menemukan pengetahuannya sendiri dan memahami materi yang dihubungkan dengan dunia nyata sehingga menghasilkan konsep yang kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS berbasis masalah bermuatan green chemistry yang dikembangkan valid, dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa, efektif, dan mendapat respon positif dari siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 19 Apr 2017 11:30
    Last Modified: 19 Apr 2017 11:30

    Actions (login required)

    View Item