PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MEMANFAATKAN EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA

Kartuti, 0402513049 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MEMANFAATKAN EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (383Kb)

    Abstract

    Penelitian pengembangan pembelajaran keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan ekosistem mangrove bertujuan; (1) menganalisis karakteristik perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan ekosistem mangrove sebagai sumber belajar, (2) menghasilkan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan ekosistem mangrove sebagai sumber belajar yang valid, (3) menguji keefektivan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan ekosistem mangrove terhadap soft skill dan hasil belajar siswa, dan (4) menganalisis keterterapan perangkat pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri atas 3 tahapan yaitu (1) pendifisian, (2) perancangan; (3) pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati memiliki karakteristik ekosistem mangrove sebagai sumber belajar yang mengkaitkan materi keanekaragaman hayati ekosistem mangrove dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yang berpusat pada siswa serta menggunakan metode pembelajaran cooperatif learning. (2) hasil validasi perangkat pembelajaran meliputi: (a) katagori valid yaitu bahan ajar dan penilaian instrumen soft skill, (b) katagori sangat valid yaitu silabus, RPP, LDS dan penilaian instrument soal evaluasi. (3) hasil uji efektivitas menunjukkan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan ekosistem mangrove sebagai sumber belajar efektif terhadap soft skill dan hasil belajar. Peningkatan soft skill dapat dilihat pada pertemuan kedua dan ketiga dengan nilai uji N-gain sebesar 0,327 dengan kriteria sedang, ketuntasan hasil belajar siswa 86,20% dengan KKM disekolah 80%, hasil uji N-gain menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan katagori sedang (0,57). Korelasi keseluruan aspek soft skill dengan hasil belajar nilai koefesiensi determinasi rtotal 53,4% dengan kriteria “sedang”. (4) hasil analisis respon siswa positif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 19 Apr 2017 11:27
    Last Modified: 19 Apr 2017 11:27

    Actions (login required)

    View Item