ANALISIS KEMAMPUAN KERUANGAN DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS BUDAYA DEMAK

Sri Lestari, 0401513035 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN KERUANGAN DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS BUDAYA DEMAK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (201Kb)

    Abstract

    Kemampuan keruangan matematika yang kurang memuaskan menjadi persoalan pembelajaran di SMK. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis self efficacy dan kemampuan keruangan peserta didik serta menguji keefektifan model pembelajaran tersebut dalam upaya meningkatkan kemampuan keruangan peserta didik SMK. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi desain concurrent triangulation. Semua rumusan masalah akan dicarikan jawabannya dengan metode kualitatif dan kuantitatif secara seimbang. Analisis self efficacy dan kemampuan keruangan akan di bahas dari berbagai sudut pandang metode pengumpulan data. Efektivitas hasil dengan metode kuantitatif yaitu eksperimen dengan One Sample Group Designe. Uji ketuntasan kemampuan keruangan memakai uji beda rata-rata satu pihak dan uji beda proporsi. Uji peningkatan kemampuan keruangan dengan memakai uji t- berpasangan serta uji Gain. Uji efektifitas memberikan hasil berupa: (a) kemampuan keruangan matematika telah mencapai dengan rata-rata melebihi KKM 75. Proporsi peserta didik yang mendapat nilai kemampuan keruangan > 75 telah melampaui 75 %; (b) kemampuan keruangan peserta didik sesudah perlakuan lebih baik dari pada kemampuan keruangan peserta didik sebelum perlakuan. Secara rata-rata klasikal diperoleh nilai Gain yang Ternormalkan (g) sebesar 72,65 % atau 0,7265 yang berarti tafsiran peningkatan TKK yang terjadi termasuk kategori tinggi. Hasil analisis self efficacy dan kemampuan keruangan peserta didik dari penelitian pembelajaran tersebut adalah peserta didik yang mempunyai kemampuan keruangan yang tinggi cenderung mempunyai self efficacy yang tinggi. Dimensi self efficacy yang paling berpengaruh pada kemampuan keruangan adalah dimensi generality. Berdasarkan ketercapaian kriteria tersebut berarti Pembelajaran Treffinger berbasis budaya Demak efektif dapat meningkatkan kemampuan keruangan peserta didik SMK untuk materi geometri. Pembelajaran Treffinger berbasis budaya Demak perlu dikembangkan lagi variasi pembelajaran dengan materi dan tingkatan yang lain.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 18 Apr 2017 08:13
    Last Modified: 18 Apr 2017 08:13

    Actions (login required)

    View Item