ANALISIS HASIL PENILAIAN DIAGNOSTIK LITERASI MATEMATIKA MODEL PISA BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN RME

Khaerunisak, 0401513007 (2015) ANALISIS HASIL PENILAIAN DIAGNOSTIK LITERASI MATEMATIKA MODEL PISA BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN RME. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1016Kb)

    Abstract

    Literasi Matematika siswa di Indonesia masih rendah. Self-efficacy adalah keyakinan diri terhadap kemampuan untuk mempengaruhi hasil yang diharapkan dalam situasi tertentu. RME berpendekatan saintifik membangun konsep matematika dan memberikan kesempatan siswa untuk melakukan eksplorasi strategi penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pembelajaran RME dengan pendekatan saintifik efektif meningkatkan literasi matematika dan Self-efficacy, memperoleh gambaran hasil penilaian diagnostik literasi matematika yang memiliki Self-efficacy tinggi, sedang dan rendah dalam pembelajaran RME dan memperoleh gambaran kesulitan siswa dalam pembelajaran RME dengan pendekatan saintifik berdasarkan hasil penilaian diagnostik literasi matematika. Metode penelitian ini menggunakan mix method cuncurrent embbeded dengan subyek penelitian siswa kelas VIII. Pada awal penelitian dilakukan penilaian diagnostik literasi matematika dan inventori self-efficacy selanjutnya dilakukan pembelajaran RME pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Analisis kuantitatif dilakukan untuk menguji keefektifan pembelajaran. Untuk memperdalam hasil penelitian dilakukan wawancara pada tiap kategori Self-efficacy sebagai penelitian kualitatifnya Pembelajaran matematika dengan RME di SMP Negeri 2 Wonopringgo efektif ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 75%, proporsi literasi matematika siswa dengan pembelajaran RME lebih baik dari proporsi literasi matematika siswa pada pembelajaran konvensional, self-efficacy siswa pada pembelajaran RME lebih baik dari self-efficacy pada pembelajaran konvensional dan selisih literasi matematika awal dan akhir siswa pada pembelajaran RME lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Hasil penilaian diagnostik literasi matematika siswa sesuai kriteria self-efficacy siswa kecuali untuk literasi matematika sedang yang memiliki self-efficacy tinggi. kesulitan siswa dalam pembelajaran RME dengan pendekatan saintifik berdasarkan hasil penilaian diagnostik literasi matematika, yakni kesulitan dalam pengetahuan terstruktur pada kemampuan bahasa, kemampuan memahami, membuat strategi, dan membuat algoritma. Untuk itu perlu pembiasaan RME dalam pembelajaran matematika guna melatih literasi matematika; menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika perlu dilakukan sebagai bahan dalam menemukan solusi dan meminimalisir kesulitan siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 18 Apr 2017 08:00
    Last Modified: 18 Apr 2017 08:00

    Actions (login required)

    View Item