ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMK BERDASARKAN SIKLUS PEMODELAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MEAs

Iman Nurofik, 0401513060 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMK BERDASARKAN SIKLUS PEMODELAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MEAs. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (140Kb)

    Abstract

    Representasi merupakan salah satu standar proses yang harus dicapai oleh siswa melalui pembelajaran matematika, namun pelaksanaannya bukan hal sederhana bagi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika menggunakan MEAs dengan siklus pemodelan matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa, serta mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMK NU 1 Adiwerna. Penelitian kombinasi ini menggunakan desain concurrent embedded dengan metode kualitatif sebagai metode primer. Metode kualitatif untuk deskripsi dan metode kuantitatif untuk keefektifan serta mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis berdasarkan tipe representasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan representasi matematis dengan siklus pemodelan matematika. Subjek penelitian sebanyak 34 siswa X SMK NU 1 Adiwerna. Representasi matematis yang diamati pada siswa, yaitu: 1) representasi bahasa lisan/verbal dan kata-kata tertulis, 2) representasi gambar, tabel, diagram, atau grafik, dan 3) simbol aritmetika, persamaan atau ekspresi matematis. Hasil penelitian adalah 1) pembelajaran matematika menggunakan MEAs dengan siklus pemodelan matematika efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa, karena memenuhi: (a) kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran MEAs mencapai ketuntasan klasikal, (b) kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran MEAs lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran ekspositori; 2) representasi matematis yang dimiliki siswa adalah tipe representasi T, G, R dan GR dengan banyaknya siswa berturut-turut 8,82%, 5,88%, 35,29%, dan 50%; kategori siswa yang memiliki kualitas solusi representasi matematis tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut sebanyak 29,41%, 61,76%, dan 8,82%; serta kemampuan representasi matematis kelompok siswa dengan tipe representasi R dan/atau GR lebih baik dari kelompok siswa dengan tipe representasi T dan/atau G. Siswa dengan tipe representasi T mengalami kesulitan dalam pemodelan dan grafik, disarankan guru merancang kegiatan pemecahan masalah matematika yang merangsang representasi siswa dalam kegiatan pemodelan dan didukung dengan penggunaan ICT untuk membantu mengembangkan daya representasi grafik siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 18 Apr 2017 07:57
    Last Modified: 18 Apr 2017 07:57

    Actions (login required)

    View Item