ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN DENGAN MODEL MMP BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI MATERI BANGUN RUANG

FRANCISCA EMARIA YOSEPHA, 0401513076 (2015) ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN DENGAN MODEL MMP BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI MATERI BANGUN RUANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (349Kb)

    Abstract

    Kurangnya kemandirian siswa dalam belajar matematika menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran matematika dengan model Missouri Mathematisc Project berdasarkan teori pemrosesan informasi dimana siswa diajak meninjau ulang pelajaran sebagai dasar pentingnya pengetahuan awal, pada pengembangan dan latihan terkontrol siswa mengamati contoh dari buku siswa dan melakukan kerja kelompok yang berkenaan dengan register pengindraan dan memori jangka pendek, pada kegiatan jangka panjang siswa diberikan tes mandiri dan evaluasi bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal kemandirian dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan mendapatkan pembelajaran tersebut di atas efektif. Metode penelitian yang digunakan Mix Method. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pecangaan. Variabel dalam penelitian ini adalah kemandirian, keterampilan berpikir kreatif matematis sebagai variabel bebas, kemampuan berpikir kreatif matematis sebagai variabel terikat. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan tes. Data diolah dengan analisis uji t, regresi dan normality gain. Sedangkan data kualitatif diolah dengan analisis deskriptif. Dari hasil analisis kondisi awal yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kondisi awal siswa masih rendah pada indikator kemampuan dalam memberikan cara yang beragam. Kemandirian siswa juga lebih dominan pada kategori kurang karena dalam mengerjakan soal siswa cenderung masih tergantung pada temannya. Model pembelajaran dikatakan efektif ditunjukkan dengan 1) perangkat pembelajaran valid dengan rata-rata silabus 4,0; RPP 4,07; LKS 4,04; buku siswa 4,07; dan TKBKM 4,02; 2) kemampuan berpikir kreatif matematis 76 mencapai kriteria tuntas lebih dari 70 dan secara klasikal 86,84% memenuhi kriteria lebih dari 70%; 3) ada pengaruh positif signifikan antara kemandirian dan keterampilan berpikir kreatif matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan persamaan regresi Y ̂=31,833+0,279X_1+1,062X_2; dan 4) terjadi peningkatan karakter kemandirian rata-rata dari 0,09 menjadi 0,35 serta peningkatan keterampilan berpikir kreatif matematis rata-rata dari 0,05 menjadi 0,26.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 18 Apr 2017 07:49
    Last Modified: 18 Apr 2017 07:49

    Actions (login required)

    View Item