TUTURAN DIREKTIF SPG MAKE UP DI SUPERMARKET KOTA TEGAL

Wahyu Asriyani, 0202513014 (2016) TUTURAN DIREKTIF SPG MAKE UP DI SUPERMARKET KOTA TEGAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (599Kb)

    Abstract

    Pekerjaan seorang SPG adalah menawarkan sebuah produk yang sedang dipromosikannya, memberitahu kelebihan produk, menerangkan bagaimana produk itu harus digunakan, memberitahu bahan serta kandungan apa saja yang terdapat di dalam produk tersebut sekaligus fungsinya. Percakapan SPG make up di Supermaket dipilih sebagai data karena percakapan yang digunakan oleh SPG memiliki tujuan untuk membujuk orang lain. Selain itu, dalam percakapan SPG make up banyak terdapat tuturan direktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi bentuk tuturan direktif, (2) mengidentifikasi fungsi, dan (3) memaparkan alasan digunakannya percakapan direktif oleh SPG make up di Supermarket Kota Tegal. Data dikumpulkan dengan metode simak. Dalam melakukan metode simak, diterapkan teknik sadap sebagai teknik dasarnya. Kemudian diteruskan dengan teknik lanjutan berupa teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode pragmatis . Bentuk tuturan direktif yang digunakan SPG make up di Kota Tegal ada enam, yaitu tindak tutur direktif mengajak, menanya, memerintah, melarang, memperbolehkan, dan menyarankan. Terdapat 7 fungsi bahasa di dalam tuturan SPG, yaitu fungsi instrumental, regulasi, intereaksional, heuristik, personal, dan imajinatif. Ada 6 alasan digunakannya tindak tutur direktif adalah supaya produk make up yang ditawarkan SPG dibeli, supaya SPG make up memperoleh informasi seputar permasalahan kulit calon pembeli, supaya SPG make up dapat menyarankan calon pembeli untuk memilih produk yang diinginkan, supaya SPG dapat mengarahkan penggunaan produk dengan benar kepada calon pembeli, supaya SPG memberitahukan manfaat produk make up, dan supaya SPG dapat membuat calon pembeli teringat dengan iklan produk make up. Saran yang disampaikan adalah bagi SPG hendaknya tidak sekadar menawarkan produk, tetapi memberikan informasi penggunaan produk make up yang benar dan aman, bagi calon pembeli mintalah saran kepada SPG terkait produk make up yang aman, dan penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi pihak lain untuk melakukan penelitian ilmu bahasa pada umumnya dan kajian pragmatik pada khususnya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 04 Apr 2017 10:54
    Last Modified: 04 Apr 2017 10:54

    Actions (login required)

    View Item