KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN KARTU HURUF, KERTAS KARTON, KARTU BERGAMBAR DI SENTRA PERSIAPAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI

Nur Ikromah, 0103513151 (2015) KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN KARTU HURUF, KERTAS KARTON, KARTU BERGAMBAR DI SENTRA PERSIAPAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis memiliki peranan penting dalam mempelajari semua bidang studi. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design bentuk nonequivalent dan analisis data menggunakan uji Shapiro-wilk, dan uji independent sample t-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa di RA Muslimat Karangdowo, dalam pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan membaca dan menulis siswa. Metode pembelajaran dengan media kartu huruf, kertas karton, kartu bergambar (K3) dapat digunakan sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa. Berdasarkan hasil posttest diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji-t tes akhir thitung untuk skor postes equal varians assumed adalah 7,094 dan Equal variances not assumed adalah 7.037, sedangkan t1-α dari hasil interpolasi diperoleh t-7.110 = 1.914, maka thitung>t-7.110 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil pretest dan vosttest dapat diambil kesimpulan bahwa media K3 dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan khususnya pada siswa kelompok B di RA Muslimat Karangdowo, dan umumnya untuk TK/RA lain yang memiliki permasalahan tidak jauh berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 13:12
Last Modified: 03 Apr 2017 13:12

Actions (login required)

View Item