PENGEMBANGAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF DI KELAS IV SD

Laksono, 0103510011 (2015) PENGEMBANGAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF DI KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (542Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan peserta didik dan pendidik dalam pembelajaran menulis karangan deskriptif serta mulai lunturnya nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan pendidik dalam pengembangan model Induktif Kata Bergambar, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan model Induktif Kata Bergambar, (3) menghasilkan prototipe pengembangan model Induktif Kata Bergambar, dan (4) mengetahui tingkat keefektifan model Induktif Kata Bergambar dalam pembelajaran menulis karangan deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuh tahap, yaitu mulai dari analisis kebutuhan sampai dengan revisi model. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, pengamatan pembelajaran, dan tes untuk menilai unjuk kerja peserta didik . Analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan karakteristik data. Uji keefektifan model digunakan uji gain dan uji t. Dengan penelitian ini dihasilkan model Induktif Kata Bergambar dengan kebaruan sintakmatik terbagi atas (1) apersepsi, (2) eksplorasi, (3) elaborasi, (4) konfirmasi, dan (5) tindak lanjut serta pemuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Model ini juga dilengkapi buku panduan mengajar menulis deskriptif di kelas IV SD. Hasil uji coba terbatas penilaian unjuk kerja Peserta Didik didapat nilai rata-rata 78,08 dibandingkan tanpa model nilai rata-rata 63,97 dengan KKM 70,00. Tingkat ketuntasan belajar, tanpa model 61, 54%, sedangkan dengan model 92,31%. Hasil analisis uji t antara pre tes dan pos tes terdapat peningkatan relatif 11,6. Pada α = 5% dengan dk =39 - 1 = 38 diperoleh t(0.95)(38) = 2.04. Uji gain berada 0,39 kategori sedang. Hasil penanaman nilai-nilai karakter rata-rata 87,16 kategori baik sekali. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Induktif Kata Bergambar efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter dan efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menulis karangan deskriptif. Saran yang diajukan, model Induktif Kata Bergambar ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk pembelajaran keterampilan kebahasaan yang lainnya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 31 Mar 2017 14:39
    Last Modified: 31 Mar 2017 14:39

    Actions (login required)

    View Item