PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD

GALIH YANSAPUTRA, 0103513008 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (604Kb)

    Abstract

    Berdasarkan Hasil observasi awal di kelas IV SDN VII Wonogiri banyak ditemukan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPS khususnya rendahnya kualitas pembelajaran di SD. Hal ini ditunjukkan dengan adanya 14 siswa dari 29 siswa yang memperoleh nilai ≥ KKM (KKM=70). Atas dasar tersebut, penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV. Perbaikan dilakukan melalui pengembangan perangkat pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning berbantuan Peta Konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N VII Wonogiri dan SD N I Wonogiri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi, FGD dan angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis ketuntasan klasikal, analisis ketuntasan rata-rata uji t, analisis uji banding sample t test, dan analisis peningkatan uji Normalized Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai validator untuk Silabus, RPP, LKS, Bahan Ajar, dan Soal Tes dengan kriteria sangat baik. Rata-rata hasil angketmotivasi diperoleh siswa kelas eksperimen 7 siswa kurang dan 22 siswa termotivasi sedangkan kelas kontrol 18 siswa kurang termotivasi dan 11 siswa termotivasi.Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 80,89 melebihi batas KKM 70, sehingga siswa tuntas secara klasikal dan individual. Rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 80,89 Lebih baik daripada kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 70,21 Uji Normalized Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar0,49 kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran valid dan efektif. Saran yang direkomendasikan adalah pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning berbantuan Peta Konsep dapat diterapkan guru karena terbukti dapat meningkatkaan kualitas pembelajaran dan masih mungkin untuk dikembangkan lagi seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 31 Mar 2017 10:02
    Last Modified: 31 Mar 2017 10:02

    Actions (login required)

    View Item