STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS MULTILEVEL DI SEMARANG MULTINATIONAL SCHOOL

Dwijana Belthia Caraen, 0103513159 (2015) STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS MULTILEVEL DI SEMARANG MULTINATIONAL SCHOOL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (958Kb)

    Abstract

    Strategi reciprocal teaching merupakan suatu aktivitas instruksional yang memanfaatkan empat strategi pemahaman dalam bentuk dialog antara guru dan siswa mengenai suatu teks bacaan. Keempat strategi tersebut adalah memprediksi (predicting), bertanya (questioning), meringkas (summarizing), dan mengklarifikasi (clarifying). Penggunaan strategi reciprocal teaching yang telah dilakukan sejak tahun ajaran 2013-2014 di Kelas Multilevel Semarang Multinational School dalam pembelajaran membaca pemahaman menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca para siswa. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dampak dan kelemahan penggunaan strategi reciprocal teaching di Kelas Multilevel Semarang Multinational School. Data diperoleh melalui catatan yang dibuat peneliti pada waktu mengadakan observasi di lapangan, serta data lain berupa dokumen, laporan, wawancara mendalam dengan informan, hasil foto dan video rekaman pembelajaran. Data kualitatif dianalisis dengan teori Miles dan Huberman (2009: 16-19) yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi reciprocal teaching berdampak pada peningkatan kemampuan metakognitif membaca pemahaman dari subjek penelitian. Hambatan penerapan strategi reciprocal teaching adalah masalah penempatan siswa dalam kelompok dan keterbatasan ruangan tambahan untuk digunakan sebagai tempat berdiskusi.. Penting bagi guru untuk mengenal karakter siswa dengan baik agar tidak menempatkan siswa yang terlalu dominan bersama siswa yang pemalu dan pendiam. Apabila tidak dapat membagi siswa dalam kelompok karena keterbatasan tempat, pembelajaran reciprocal teaching tetap dapat dilaksanakan secara klasikal tetapi siswa tetap diberikan tugas yang berbeda.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 30 Mar 2017 14:24
    Last Modified: 30 Mar 2017 14:24

    Actions (login required)

    View Item