PENGEMBANGAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MEMINIMALISASI KECEMASAN MENGHADAPI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI KABUPATEN MAJALENGKA

Chitra Charisma Islami, 0105513037 (2015) PENGEMBANGAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MEMINIMALISASI KECEMASAN MENGHADAPI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI KABUPATEN MAJALENGKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (475Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsi pelaksanaan konseling individu, (2) mendeskripsi kecemasan peserta didik menghadapi mata pelajaran Bahasa Arab, (3) menemukan model konseling behavioral untuk meminimalisasi kecemasan peserta didik menghadapi mata pelajaran Bahasa Arab, dan (4) menentukan keefektifan model konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk meminimalisasi kecemasan peserta didik menghadapi mata pelajaran Bahasa Arab di SMAN Kabupaten Majalengka. Penelitian ini adalah penelitian reseach and development (R&D) dengan langkah-langkah (1) pendahuluan, (2) merumuskan model hipotetik, (3) uji kelayakan model hipotetik, (4) perbaikan model hipotetik, (5) hasil akhir produk, dan (6) uji coba terbatas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Peserta didik yang menjadi sampel penelitian berjumlah 6 orang. Hasil penelitian ini adalah (1) konseling behavioral dengan teknik relaksasi di SMAN Kabupaten Majalengka belum dilaksanakan dikarenakan guru BK belum memiliki model yang jelas terkait prosedur pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik relaksasi, (2) tingkat kecemasan dalam menghadapi mata pelajaran Bahasa Arab di SMAN Kabupaten Majalengka sebelum diberi perlakuan berada pada katagori tinggi, (3) dihasilkan model konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk meminimalisasi kecemasan dalam menghadapi mata pelajaran Bahasa Arab, yang terdiri dari 7 komponen yaitu (a) rasional, (b) visi dan misi, (c) tujuan, (d) isi konseling behavioral dengan teknik relaksasi, (e) dukungan sistem, (f) prosedur, dan (g) evaluasi dan tindak lanjut, dan (3) model konseling behavioral dengan teknik relaksasi efektif dalam meminimalisasi kecemasan menghadapi mata pelajaran Bahasa Arab di SMAN Kabupaten Majalengka sesuai dengan hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan nilai wilcoxon 0,028 < 0,05 serta terjadinya penurunan hasil pretes dan postes sebesar 47,83 poin. Guru BK disarankan mengaplikasikan model konseling behavioral dengan teknik relaksasi karena layanan ini terbukti efektif dalam meminimalisasi kecemasan menghadapi mata pelajaran Bahasa Arab di SMAN Kabupaten Majalengka. Saran bagi kepala sekolah sebagai satuan pendidikan menyediakan fasilitas terkait hal itu.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 24 Mar 2017 15:46
    Last Modified: 24 Mar 2017 15:46

    Actions (login required)

    View Item