Perbedaan Latihan Forehand Volley Sasaran Tetap Dengan Sasaran Berpindah Terhadap Kemampuan Forehand Volley Dalam Permainan Tenis Pada Mahasiswa Putra Semester IV Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Tahun Akademik 2008/200

Sugeng Hari Aji, 6301405041 (2009) Perbedaan Latihan Forehand Volley Sasaran Tetap Dengan Sasaran Berpindah Terhadap Kemampuan Forehand Volley Dalam Permainan Tenis Pada Mahasiswa Putra Semester IV Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Tahun Akademik 2008/200. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan Latihan Forehand Volley Sasaran Tetap Dengan Sasaran Berpindah Terhadap Kemampuan Forehand Volley Dalam Permainan Tenis Pada Mahasiswa Putra Semester IV Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Tahun Akademik 2008/200) - Published Version
Download (11Mb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah : 1) Apakah ada perbedaan antara latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley dalam permainan tenis, 2) Manakah yang lebih baik antara latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley dalam permainan tenis. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui perbedaan antara latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley dalam permainan tenis, 2) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley dalam permainan tenis. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga rombel satu tahun akademik 2008/2009 berjumlah 40 mahasiswa. Sampel penelitian yang berjumlah 28 mahasiswa diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah sebagai variabel bebas serta kemampuan forehand volley sebagai variabel terikat. Metode penelitian ini adalah matching group subject atau pola M-S. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan forehand volley. Data hasil tes dianalisis menggunakan rumus t-test pada taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil uji t diperoleh harga thitung = 5,11 > ttabel = 2,16 pada taraf kesalahan 0,05 dan derajat kebebasan (db) 13. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley dalam permainan tenis. Rata-rata skor kemampuan forehand volley kelompok kontrol yang dilatih forehand volley sasaran tetap mencapai 23,86 dan lebih tinggi dibandingkan kelompok eksperimen yang dilatih forehand volley sasaran berpindah yaitu 21,86 Simpulan dari penelitian ini yaitu metode latihan forehand volley dengan sasaran tetap lebih baik daripada latihan forehand volley dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley dalam permainan tenis, oleh karena itu penulis dapat mengajukan saran: 1) Bagi pelatih, untuk meningkatkan kemampuan forehand volley pada pemainnya dapat menerapkan latihan forehand volley dengan sasaran tetap karena latihan ini lebih mudah di praktekkan. 2) Bagi mahasiswa lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat membandingkan hasil penelitian ini dengan metode yang lain agar diperoleh informasi yang semakin akurat terkait suatu metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan forehand volley.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 24 May 2011 23:16
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:52

    Actions (login required)

    View Item