ANALISIS DALAM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT KOTA SEMARANG

Itaq Pangestu, 7211412177 (2016) ANALISIS DALAM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1894Kb)

    Abstract

    Motivasi membayar zakat adalah kecenderungan muzakki untuk mengambil tindakan untuk membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat. Penelitian ini berdasarkan Teori Atribusi, Teori Al-Wala‟, Theory of Planned Behavior, dan sharia Enterprise Theory. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat keimanan, pengetahuan zakat sebagai faktor internal muzakki dan periklanan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, penjualan personal, akuntabilitas dan transparansi pelaporan keuangan sebagai faktor external muzakki terhadap motivasi muzakki membayar zakat di Lembaga Amil Zakat Kota Semarang. Populasi adalah muzakki yang terdaftar di Lembaga Amil Zakat Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperoleh sebanyak 70 responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) Path Modelling dengan alat analisis SmartPLS3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat keimanan, pengetahuan tentang zakat, akuntabilitas dan transparansi pelaporan keuangan memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi membayar zakat. Variabel hubungan masyarakat dan penjualan personal memiliki hubungan negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi muzakki membayar zakat, variabel periklanan dan pemasaran langsung memiliki hubungan positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi membayar zakat. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk bisa dapat menambahkan variabel internal dan external dari muzakki serta menambahkan lembaga amil zakat lainnya. Penggunaan instrumen tidak hanya berupa kuesioner, juga bisa dilakukan wawancara secara langsung dengan narasumbernya, agar hasil yang didapat lebih akurat dan tidak terjadi persepsi (pandangan) yang berbeda antara responden dengan peneliti. Sehingga diharapkan hasil dari penelitian selanjutnya dapat lebih baik dari penelitian yang sebelumnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi, Tingkat Keimanan, Pengetahuan Tentang Zakat, Perikalanan, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung, Penjualan Personal, Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 03 Mar 2017 05:47
    Last Modified: 03 Mar 2017 05:47

    Actions (login required)

    View Item