DETERMINASI PERGANTIAN KAP JENIS UPGRADE, DOWNGRADE, DAN SAMEGRADE DENGAN KUALITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014)

Yasin Fadil, 7211412152 (2016) DETERMINASI PERGANTIAN KAP JENIS UPGRADE, DOWNGRADE, DAN SAMEGRADE DENGAN KUALITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1487Kb)

    Abstract

    Pergantian KAP di Indonesia dapat dilakukan secara mandatory maupun voluntary. Pergantian KAP secara voluntary inilah yang menimbulkan kecurigaan dari stakeholder untuk diketahui apa penyebabnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh opini audit going concern dan pergantian manajemen dengan kualitas komite audit sebagai variabel moderasi terhadap pergantian KAP jenis upgrade, downgrade, dan samegrade. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014, yaitu sebanyak 29 perusahaan. Data didapatkan dari laporan keuangan dan annual report perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik multinomial. Hasil nilai Nagelkerke R Square adalah sebesar 0.0720 dan 0.0186 yang berarti bahwa variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen adalah 7,2% dan oleh variabel independen yang dimoderasi adalah 18,6%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel opini audit going concern berpengaruh signifikan terhadap pergantian KAP jenis upgrade dan tidak pada jenis downgrade maupun samegrade. Sedangkan pergantian manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap pergantian KAP jenis upgrade, downgrade, dan samegrade. Kemudian variabel opini audit going concern yang dimoderasi variabel kualitas komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap pergantian KAP jenis upgrade, downgrade, dan samegrade. Sedangkan pergantian manajemen yang dimoderasi variabel kualitas komite audit berpengaruh signifikan terhadap pergantian KAP jenis upgrade dan tidak pada jenis downgrade maupun samegrade. Saran bagi penelitian selanjutnya agar memiliki informasi objek penelitian yang lebih luas, mengembangkan pengukuran pada variabel yang sama, serta menambah variabel lainnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Opini Audit Going Concern, Pergantian Manejemen, Kualitas Komite Audit, Pergantian KAP.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 17 Mar 2017 07:49
    Last Modified: 17 Mar 2017 07:49

    Actions (login required)

    View Item