ANALISIS PENGARUH ABNORMAL AUDIT FEE, AUDIT TENURE, SPESIALISASI AUDITOR DAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Indonesia Stock Exchange Tahun 2013-2014)

Qodriyah, 7211412143 (2016) ANALISIS PENGARUH ABNORMAL AUDIT FEE, AUDIT TENURE, SPESIALISASI AUDITOR DAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Indonesia Stock Exchange Tahun 2013-2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1328Kb)

    Abstract

    Kualitas audit adalah probabilitas auditor untuk menemukan dan melaporkan adanya suatu pelanggaran dalam sistem akuntansi klien. Perwujudan kualitas audit dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari auditor maupun faktor dari klien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh abnormal audit fee, audit tenure, spesialisasi auditor, konsentrasi kepemilikan, komisaris independen dan komite audit terhadap kualitas audit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange tahun 2013-2014 yang terdiri dari 405 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 45 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi dengan α 0,05 dengan bantuan program IBM SPSS Statistic versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa abnormal audit fee, audit tenure, spesialisasi auditor dan konsentrasi kepemilikan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Variabel komisaris independen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas audit. Variabel komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Saran bagi auditor untuk meningkatkan kepatuhan terhadap ketentuan terkait rotasi audit, bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas komite audit yang dimiliki dengan melaksanakan semua tugas dan tanggung jawabnya sesuai Keputusan Bapepam Nomor Kep-643/BL/2012, bagi pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap peraturan terkait komisaris independen teruatama yang berkaitan dengan ketentuan kualifikasi komisaris independen, dan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan pengukuran kualitas audit yang lain misalnya AQMS (Audit Quality Metric Score) serta memperhatikan peraturan rotasi audit terbaru yaitu Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2015.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Abnormal Audit Fee, Audit Tenure, Spesialisasi Auditor, Mekanisme Good Corporate Governance, Kualitas Audit.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 03 Mar 2017 06:04
    Last Modified: 03 Mar 2017 06:04

    Actions (login required)

    View Item