ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI UNTUK MINAT MENGGUNAKAN E-FILING (Studi Empiris Pada WP OP yang Terdaftar di KPP Semarang Tengah Satu)

MUTIARA SINDI PRICILIA, 7211412090 (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI UNTUK MINAT MENGGUNAKAN E-FILING (Studi Empiris Pada WP OP yang Terdaftar di KPP Semarang Tengah Satu). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2403Kb)

    Abstract

    Minat wajib pajak untuk menggunakan e-filing yaitu ketertarikan wajib pajak untuk mau menggunakn e-filing dalam pelaporan pajak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pengalaman wajib pajak, kompleksitas, kemanan dan kerahasiaan, kepatuhan wajib pajak dan kesiapan teknologi informasi terhadap minat wajib pajak orang pribadi untuk menggunakan e-filing. Sampel yang digunakan sebanyak 107 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Tengah Satu. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner (angket) yang disebar tanggal 16-22 Maret 2016. Pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS windows 21. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh minat wajib pajak pada kriteria berminat, pengalaman wajib pajak pada kriteria kurang berpengalaman, kompleksitas pada kriteria rumit, keamanan dan kerahasiaan pada kategori terjamin, kepatuhan wajib pajak pada kriteria patuh, sedangkan kesiapan teknologi informasi pada kriterian cukup siap. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengalaman wajib pajak, kompleksitas, dan kesiapan teknologi informasi dengan minat wajib pajak orang pribadi untuk menggunakan e-filing. Sedangkan tidak terdapat pengaruh signifikan antara keamanan dan kerahasiaan serta kepatuhan wajib pajak terhadap minat wajib pajak orang pribadi untuk menggunakan e-filing. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat dua variabel yang tidak mempengaruhi minat wajib pajak orang pribadi untuk menggunakan e-filing, yaitu keamanan dan kerahasiaan serta kepatuhan wajib pajak. Saran yang berkaitan dengan penelitian yaitu peluadanya peningkatan dari sistem e-filing, berkaitan dengan peningkatan kapasitas, fitur dan penyederhanaan cara pelaporan melalui e-filing. Selain itu juga diperlukannya penyesuaian dengan perangkat yang mayoritas dimiliki wajib pajak orang pribadi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk peneliti selanjutnya sesuai dengan topik ini dengan menambahkan berbagai variasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengalaman Wajib Pajak, Kompleksitas, Keamanan dan Kerahasiaan, Kepatuhan Wajib Pajak, Kesiapan Teknologi Informasi, Minat Wajib Pajak Orang Pribadi untuk Menggunakan E-filing.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 20 Feb 2017 08:08
    Last Modified: 20 Feb 2017 08:08

    Actions (login required)

    View Item