FAKTOR PENENTU PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Mustaqhfiroh, 7211412077 (2016) FAKTOR PENENTU PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1332Kb)

    Abstract

    Kurangnya informasi akuntansi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan pada usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usaha. Prinsip atau asas good corporate governance pada prakteknya dapat diterapkan pada usaha kecil dan menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pedidikan manajer, umur perusahaan, dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah dengan good corporate governance sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 250 responden manajer UKM, dengan data yang dapat diolah sebanyak 200 responden, sedangkan 35 jawaban responden dinyatakan rusak dan 15 kuesioner tidak kembali. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan didistribusikan langsung kepada responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan AMOS 21. Hasil pegujian hipotesis menunjukkan bahwa pendidikan manajer terhadap good corporate governance, skala usaha dan good corporate governance terhadap penggunaan informasi akuntansi dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan pendidikan manajer terhadap penggunaan informasi akuntansi tidak berpengaruh positif yang signifikan. Variabel umur perusahaan dan skala usaha tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap good corporate governance. Good corporate governance terbukti memediasi pengaruh pendidikan manajer, umur perusahaan dan skala usaha dalam penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah peningkatan pendidikan manajer terhadap informasi akuntansi sangat diperlukan dalam mengelola usaha.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Good corporate governance, penggunaan informasi akuntansi, usaha kecil dan menengah
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 20 Apr 2017 14:03
    Last Modified: 20 Apr 2017 14:03

    Actions (login required)

    View Item