FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REVALUASI ASET TETAP (Studi pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi)

Sri Hastuti, 7211412074 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REVALUASI ASET TETAP (Studi pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1273Kb)

    Abstract

    Aset tetap yang diukur menggunakan harga perolehan dimungkinkan telah kehilangan relevansinya karena tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Aset tetap yang dibeli waktu lampau nyatanya telah mengalami perubahan harga. PSAK No. 16 Revisi 2011 memperbolehkan entitas memilih model biaya atau model revaluasi. Model revaluasi yaitu aset tetap yang nilainya dapat diukur secara andal harus dicatat pada jumlah revaluasian yaitu nilai wajar pada tanggal revaluasi dikurangi akumulasi penyusutan dan akumulasi rugi penurunan nilai yang terjadi setelah tanggal revaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan melakukan revaluasi aset tetap. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2012, 2013, 2014 sebanyak 75 unit analisis. Sektor tersebut sangat berkontribusi dalam perkembangan kemajuan suatu negara. Variabel independen adalah leverage yang diukur dengan debt ratio, likuiditas diukur dengan rasio lancar, ukuran perusahaan yang diukur dengan Ln penjualan, proporsi aset tetap diukur dengan presentase aset tetap dari total aset, dan pertumbuhan perusahaan yang diukur dengan pertumbuhan aset. Metode analisis menggunakan regresi logistik yang meliputi uji overall model fit, uji kelayakan model, koefisen determinasi, dan pengujian hipotesis dengan signifikansi α=5%. Hasil penelitian ini yaitu leverage berpengaruh positif terhadap keputusan revaluasi. Likuiditas, ukuran perusahaan, proporsi aset tetap, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap keputusan melakukan revaluasi aset tetap. Simpulan penelitian ini adalah perusahaan yang memiliki leverage tinggi lebih mungkin untuk melakukan revaluasi aset tetap. Peneliti selanjutnya, dapat meneliti faktor-faktor lain yang dimungkinkan mempengaruhi revaluasi aset tetap pada tahun sebelum dan sesudah terbitnya kebijakan pemerintah terkait revaluasi aset, yaitu Paket Kebijakan Ekonomi V dan diskon pajak yang diatur oleh PMK Nomor 191/PMK.010. Tahun 2015 tentang Penilaian Kembali Aset Tetap untuk Tujuan Perpajakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Revaluasi, Leverage, Likuiditas, Proporsi Aset Tetap, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 04 May 2017 07:28
    Last Modified: 04 May 2017 07:28

    Actions (login required)

    View Item