ANALISIS KEBUTUHAN PRODUKSI BUSANA READY TO WEAR PADA INDUSTRI TENUN IKAT TROSO DEWI SHINTA DI DESA TROSO KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA

Yunita Faulia Khasanah , 5401411102 (2016) ANALISIS KEBUTUHAN PRODUKSI BUSANA READY TO WEAR PADA INDUSTRI TENUN IKAT TROSO DEWI SHINTA DI DESA TROSO KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2568Kb)

    Abstract

    Yunita Faulia Khasanah. 2016. Analisis Kebutuhan Produksi Busana Ready to Wear pada Industri Tenun Ikat Troso Dewi Shinta di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Pembimbing Dra.Sri Endah Wahyuningsih.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 (Tata Busana), Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Kebutuhan produksi busana dalam pencapaian sempurna terdapat beberapa faktor diantaranya kebutuhan alat dan mesin produksi busana, kebutuhan ruang kerja produksi busana, kebutuhan bahan baku produksi busana, kebutuhan SDM produksi serta pengelolaan manajemen produksi busana. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan industri adalah terhadap pengelolaan sumber daya manusia, karena sumber daya manusia merupakan penggerak utama dalam operasional suatu industri. Perusahaan tidak akan berjalan tanpa ada tenaga kerja karena hal tersebut merupakan modal utama dibidang industri, sehingga baik buruknya suatu produk ada ditangan tenaga kerja. Tujuan penelitian yaitu: (1) Menganalisis Produktivitas busana ready to wear pada industri tenun ikat Troso Dewi Shinta; (2) Menganalisis tingkat kebutuhan produksi busana ready to wear pada industri tenun ikat Troso Dewi Shinta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik industri tenun ikat Troso dan seluruh karyawan yang memproduksi busana ready to wear pada industri Dewi Shinta dengan Sampel penelitian ini yaitu 1 pemilik industri dan 24 karyawan yang memproduksi busana pada industri tenun ikat Troso Dewi Shinta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan produksi busana ready to wear terdapat 5 indikator yaitu di antaranya kebutuhan alat dan mesin produksi busana, ruang kerja produksi busana, bahan baku produksi busana, SDM produksi busana, serta pengelolaan manajemen produksi busana. Simpulan yang diperoleh bahwa industri tenun ikat Dewi Shinta menghasilkan beberapa produk busana ready to wear antara lain busana pria, wanita, anak serta beberapa prodi kain tenun ikat Troso. Produk unggulannya adalah busana pria safari. nilai rata-rata kebutuhan produksi busana ready to wear sebesar (71,9%) dengan kriteria kebutuhan produksi busana cukup terpenuhi. Kebutuhan produksi busana yang sudah terpenuhi sebesar (4%) yaitu kebutuhan bahan baku. kebutuhan bahan baku utama dalam waktu sehari membutuhakan kain 200 meter dengan total produksi 100/pcs baju. Kebutuhan produksi yang tidak terpenuhi sebesar (12%) yaitu kebutuhan SDM di antaranya tenaga ahli menggambar, tenaga ahli membuat pola, tenaga menjahit serta manajemen produksi masih perlu pemenuhan kebutuhan produksi serta dapat diperbaiki.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis Kebutuhan, Kebutuhan Produksi Busana, busana ready to wear
    Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: Users 38257 not found.
    Date Deposited: 20 Feb 2017 08:19
    Last Modified: 20 Feb 2017 08:19

    Actions (login required)

    View Item