Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Tingkat Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Blora.

Eka Novi A.S, 3352402038 (2009) Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Tingkat Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Tingkat Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Blora.) - Published Version
Download (347Kb)

    Abstract

    Dalam pengoperasian usaha, koperasi bertujuan untuk menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU). Oleh karena itu perlu adanya prediksi kemampuan koperasi dalam menghasilkan laba dari modal yang digunakan yang disebut rentabilitas. Perolehan nilai rentabilitas besarnya modal sendiri sangat berpengaruh terhadap besarnya keuntungan yang akan diperoleh, dengan semakin besar keuntungan maka didapat nilai rentabilitas semakin besar. Setiap pemakaian modal sendiri dalam operasional koperasi maka keuntungan yang diperoleh akan lebih besar (Amidipradja, 2005:117). Namun berdasar penelitian Pieter Lienenpun (2002) penggunaan modal sendiri yang besar tidak selalu memperoleh keuntungan yang besar. Sehingga rumusan masalahnya adakah pengaruh antara modal sendiri dan modal pinjaman terhadap rentabilitas baik secara parsial maupun simultan. Objek yang diteliti adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kabupaten Blora sebanyak 50 koperasi, sampel yang diambil adalah 30 KSU dengan teknik purposive sampling. Adapun syarat yang digunakan yaitu: berdiri lebih dari 7 tahun, memiliki usaha lebih dari dua jenis usaha, mempunyai modal sendiri dan modal pinjaman dari luar, beranggotakan minimal 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan model regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh terhadap rentabilitas secara simultan. Secara parsial modal sendiri (X1) dan modal pinjaman (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rentabilitas. Besarnya pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman terhadap rentabilitas dapat dilihat dari koefisien determinasi (R2) secara simultan adalah 17,60% sedangkan sisanya sebesar 82,40% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara simultan modal sendiri dan modal pinjaman mempengaruhi rentabilitas. Secara parsial modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh negatif terhadap rentabilitas, karena kurangnya perencanaan dalam memprediksi penjualan, kesalahan perhitungan persediaan dan tidak mengelola modal dengan baik dan banyak dana yang menganggur di kas yang tidak menghasilkan pendapatan. Saran yang diberikan kepada koperasi agar dalam pengoperasian usaha perlu adanya rencana yang matang dan perlu adanya pertimbangan seberapa besar penggunaan modal sendiri dan modal pinjaman dalam menjalankan usahanya. Selain itu koperasi juga perlu memperhatikan aktiva lancar pada kas tidak perlu terlalu banyak karena akan mengakibatkan dana menjadi beku.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Rentabilitas, Modal Sendiri, Modal Pinjaman
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 24 Mar 2011 23:04
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:57

    Actions (login required)

    View Item