ANALISIS PENGARUH PERKEMBANGAN MORAL DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP PERILAKU ETIS AUDITOR INSPEKTORAT (Studi Pada Inspektorat Provinsi Jawa Tengah)

Martin Khomsatun , 7211412011 (2016) ANALISIS PENGARUH PERKEMBANGAN MORAL DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP PERILAKU ETIS AUDITOR INSPEKTORAT (Studi Pada Inspektorat Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1389Kb)

    Abstract

    Perilaku etis Auditor Inspektorat merupakan tingkah laku atau tanggapan auditor tentang pemahaman dan pelaksanaan tugas yang disesuaikan dengan kode etik auditor intern pemerintah. Perilaku etis dianalisis melalui perkembangan moral dan pengalaman audit seorang auditor. Berdasarkan teori perkembangan moral kognitif dari Kohlberg, perkembangan moral terdiri dari tahapan pra konvensional, konvensional, dan pasca konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perkembangan moral dan perkembangan pengalaman audit terhadap perilaku etis auditor Inspektorat. Penelitian menggunakan studi populasi (sensus) dengan unit analisis Auditor Inspektorat Provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 35 auditor sebagai responden penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) dengan alat analisis SmartPLS v3.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai R-square 0,892. Nilai t-statistik sebesar 4,925 untuk perkembangan moral pra konvensional, 3,609 untuk perkembangan moral konvensional, 5,323 untuk perkembangan moral pasca konvensional, serta 2,082 untuk perkembangan pengalaman audit yang masing-masing nilainya lebih besar dari t-tabel sebesar 1.691. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa perkembangan moral pra konvensional, perkembangan moral konvensional, perkembangan moral pasca konvensional, dan perkembangan pengalaman audit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis auditor Inspektorat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Perkembangan Moral Pra Konvensional, Perkembangan Moral Konvensional, Perkembangan Moral Pasca Konvensional, Pengalaman Audit, Perilaku Etis.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 03 Mar 2017 06:18
    Last Modified: 03 Mar 2017 06:18

    Actions (login required)

    View Item