Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Kayen Pati.

Hartini, 3301405073 (2009) Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Kayen Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Kayen Pati.) - Published Version
Download (10Mb)

    Abstract

    Prestasi akademi adalah hasil belajar yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran di sekolah atau di perguruan tinggi yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalaui pengukuran dan penilaian. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Permasalahan dari penelitian tersebut adalah (1) Adakah pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Studi IPS SMA PRGI Kayen Pati?. (2) Adakah Pengaruh Lingkungan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Studi IPS SMA PRGI Kayen Pati Secara Parsial dan Silmutan?. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI SMA PGRI 2 Kayen Pati, yaitu berjumlah 146 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas.. Variabel dalam penelitian ini lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan garis regresi Y = 46,565 + 0,242X1 + 0,284X2, untuk mengetahui adakah pengaruh antara lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar. Koefisien-koefisien regresi tersebut diuji menggunakan uji parsial dan diperoleh thitung untuk variabel lingkungan keluarga sebesar 3,834 dengan p value 0,000, karena p value yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dapat dsimpulkan bahwa Ha diterima, bahwa thitung untuk variabel lingkungan masyarakat sebesar 3,775 dengan p value 0,000, karena p value yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dapat dsimpulkan bahwa Ha diterima. Uji F diperoleh Fhitung = 56,346 dengan p value sebesar 0,000, karena p value < 0,05 maka maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi prestasi belajar akuntansi peserta didik. Untuk menguji tingkat signifikansi berdasarkan Uji tabel F  F 1 . Pada  = 5% dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut n-2= 143 diperoleh tabel F = 3,06, ternyata tabel F  F 1 adalah (56,346  3,06), berarti Ha diterima ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga (X1) dan lingkungan masyarakat (X2) terhadap prestasi belajar akuntansi (Y). diperoleh harga R2 sebesar 44,1% yang menunjukan bahwa proporsi variabel prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sebesar 44,1% sedangkan sisanya sebesar 55,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak yang tidak dikaji dalam penelitian ini. bahwa besarnya kontribusi lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar (0,305) 2 x 100% = 9,3025% dan besarnya kontribusi lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar (0,301) 2 x 100% = 9,0601%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan dengan variabel lingkungan masyarakat, diperlukan kerjasama antara orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang baik agar dapat memberi pengaruh yang positif terhadap anak/siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 23 May 2011 21:04
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:51

    Actions (login required)

    View Item