ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII


Shofia Hanalia, 4101412115 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412115.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII yang masih rendah dan perbedaan gaya belajar tiap siswa perlu dikaji lebih lanjut. Hal ini dikarenakan gaya belajar yang berbeda dapat menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII berdasarkan gaya belajar yang dimiliki siswa yaitu converger, diverger, accommodator, dan assimilator melalui pembelajaran matematika dengan Model Eliciting Activities. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas VIII A diidentifikasi gaya belajarnya dengan menggunakan angket gaya belajar Kolb. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis dan data hasil wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan indikator tahap kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya. Wawancara kemampuan pemecahan masalah matematis dilakukan dengan 8 siswa yang terdiri dari 2 siswa pada tiap gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa converger paling banyak jumlahnya di kelas VIII A MTs Negeri 1 Semarang, 2) siswa converger, diverger, accommodator, assimilator memahami masalah dengan mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah serta menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri. Semua subjek penelitian membuat rencana dengan menyederhanakan masalah, membuat eksperimen dan simulasi, mencari subtujuan, dan mengurutkan informasi. Mereka melaksanakan rencana dengan mengartikan masalah dalam bentuk kalimat matematika dan melaksanakan strategi selama proses penghitungan berlangsung. Siswa converger dan assimilator memeriksa kembali tanpa melihat alternatif penyelesaian yang lain, siswa diverger mempertimbangkan solusi yang diperoleh logis dan membaca pertanyaan kembali, siswa accommodator tidak melihat alternatif penyelesaian yang lain dan tidak mempertimbangkan solusi yang diperoleh logis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Model Eliciting Activities, gaya belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 10:56
Last Modified: 09 Feb 2017 10:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25364

Actions (login required)

View Item View Item