ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DALAM MATERI SEGIEMPAT


Rizki Nurul Anifah, 4101412028 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DALAM MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412028.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa. Banyak guru di sekolah dasar atau menengah masih kurang memperhatikan kemampuan ini. Dengan mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, guru memperoleh wawasan yang luas tentang potensi dan bakat yang dimiliki siswa-siswinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan 4 subjek siswa kelas VII-I SMP N 1 Semarang berdasarkan gaya kognitif. Pemilihan subjek penelitian ini didasari dengan menggunakan instrumen tes gaya kognitif Matching Familiar Figure Test (MFFT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Analisis tes kemampuan berpikir kreatif mengacu pada tiga komponen berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, dan novelty. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif reflektif diperoleh hasil tingkat berpikir kreatif (TBK) 4 yang artinya sangat kreatif dan TBK 3 yang artinya kreatif; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif impulsif diperoleh tingkat berpikir kreatif (TBK) 3 yang artinya kreatif. Hasil penelitian ini juga mengemukakan bahwa ada siswa dengan gaya kognitif reflektif belum memenuhi indikator kebaruan (novelty) dan ada juga siswa impulsif yang belum memenuhi indikator kebaruan (novelty) dan fleksibilitas (flexibility). Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran matematika untuk memperbanyak latihan soal yang mampu mengembangkan indikator kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama indikator kebaruan (novelty) dan flexibility bagi siswa reflektif dan impulsif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Gaya Kognitif , Segiempat
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 10:51
Last Modified: 09 Feb 2017 10:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25260

Actions (login required)

View Item View Item