FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA

Muhammad Wibisono, 7211411127 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (912Kb)

    Abstract

    Sumber daya manusia merupakan aset yang berharga bagi perusahaan, apabila dikelola dengan baik akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh bukti secara empiris pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, umur listing, jenis perusahaan, penggunaan standar pelaporan GRI terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan finansial yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang merupakan data sekunder yang diambil melalui teknik dokumentasi yang terdiri dari annual report perusahaan manufaktur dan finansial tahun 2013-2014. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, umur listing, jenis perusahaan, dan penggunaan standar pelaporan GRI secara bersama berpengaruh positif terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Pengujian parsial menunjukkan ukuran perusahaan, jenis perusahaan, penggunaan standar pelaporan GRI berpengaruh positif terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Umur listing berpengaruh negatif terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Simpulan dari penelitian ini yakni ukuran perusahaan, jenis perusahaan, dan penggunaan standar pelaporan GRI terbukti mampu meningkatkan pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Sedangkan profitabilitas tidak terbukti mampu meningkatkan pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan model indeks pengungkapan akuntansi sumber daya manusia yang sesuai dengan keadaan Indonesia. Selain itu penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel baru seperti tingkat pendidikan pekerja dan jumlah pekerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Listing, Jenis Perusahaan, Penggunaan Standar Pelaporan GRI.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 04 May 2017 07:32
    Last Modified: 04 May 2017 07:32

    Actions (login required)

    View Item