FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP)

Fajar Bayu Putri Perwirasari , 7211411098 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1168Kb)

    Abstract

    Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) adalah pengukuran capaian kerja pemerintah yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan tujuan, visi dan misi pemerintah. Keberhasilan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dapat dilihat dari lima aspek yaitu: kualitas kerja, produktifitas, pengetahuan, kedisiplinan serta kepuasan pengguna dalam menggunakan layanan dari pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah 16 SKPD yang terdapat di Kabupaten Kendal. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 6 SKPD. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, dan diukur dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda. Hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel pemahaman prinsipprinsip good governance, pengendalian intern, gaya kepemimpinan dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan berpengaruh positif terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP). Atas hasil penelitian maka disarankan: pengembangan dan perbaikan kinerja sistem bersifat lifecycle, sehingga kinerja pemerintah optimal dan lebih baik, dan penelitian selanjutnya dapat menambah tempat penelitian tidak hanya di SKPD Kabupaten Kendal saja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Good Governance, Pengendalian Intern, Gaya Kepemimpinan, Ketaatan Pada Peraturan Perundang-Undangan, Serta Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 04 May 2017 07:14
    Last Modified: 04 May 2017 07:14

    Actions (login required)

    View Item