ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, INFORMASI ASIMETRI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (Studi Kasus pada SKPD Kota Semarang)

Romadhon Wahyu Prakoso , 7211411051 (2016) ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, INFORMASI ASIMETRI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (Studi Kasus pada SKPD Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1374Kb)

    Abstract

    Anggaran adalah salah satu suatu rencana kerja jangka pendek yang disusun berdasarkan rencana kegiatan jangka panjang yang telah ditetapkan dalam proses penyusunan anggaran. Namun dalam penyusunan anggaran daerah, apabila manajer sengaja menetapkan pendapatan terlalu rendah atau menetapkan biaya terlalu besar sehingga cenderung terciptanya senjangan anggaran. Dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Asimetri, Komitmen Organisasi, dan Ketidakpastian Lingkungan terhadap Senjangan anggaran”. Subjek penelitian ini adalah pejabat eselon tiga dan empat pada seluruh Dinas Pemerintahan Kota Semarang. Penelitian ini melibatkan 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling yaitu teknik pengambilan sampel apabila sampel diambil berdasarkan kesukaan, sukasuka, seenaknya menurut si peneliti. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, informasi asimetri, komitmen organisasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap senjangan anggaran. Sedangkan ketidakpastian lingkungan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap senjangan anggaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan senjangan anggaran ketika partisipasi penyusunan anggaran tinggi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: untuk mengurangi kecenderungan pejabat eselon tiga dan empat dalam melakukan senjangan anggaran, masukan dari pejabat eselon tiga dan empat harus dievaluasi secara hati-hati oleh pimpinan SKPD dan diharapkan pejabat eselon tiga dan empat dapat meningkatkan komunikasi yang positif dengan pimpinan SKPD.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: senjangan anggaran, partisipasi anggaran, informasi asimetri, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: Users 38254 not found.
    Date Deposited: 03 Mar 2017 06:15
    Last Modified: 03 Mar 2017 06:15

    Actions (login required)

    View Item