Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Aktif Semester Genap Tahun 2015/2016)

Septi Maulani , 7311412143 (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Aktif Semester Genap Tahun 2015/2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2403Kb)

    Abstract

    Literasi keuangan merupakan salah satu hal penting bagi setiap individu, salah satunya bagi mahasiswa. Literasi keuangan bagi mahasiswa bertujuan agar mahasiswa dapat terhindar dari suatu masalah keuangan terutama berkaitan dengan pengalokasian dana. Berda sarkan penelitian awal, Mahasiswa Manajemen Unnes memiliki literasi keuangan yang berbeda - beda. Perbedaan literasi keuangan mahasiswa ini tentunya memiliki faktor yang mendasarinya. Faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan terdiri dari jenis kela min, tempat tinggal, IPK, angkatan, pendidikan dan pendapatan orang tua. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor - faktor penentu tingkat literasi keuangan pada Mahasiswa Manajemen. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pop ulasi adalah Mahasiswa Manajemen Unnes Aktif Semester Genap 2015/2016. Teknik sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel adalah 270 mahasiswa. Metode pengumpulan dat a pada penelitian ini adalah kuesioner dengan jumlah soal sebanyak 25 item. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik biner dengan SP SS 21. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan Mahasiswa Manajemen Unnes berada dalam kategori tinggi. Rata - rata mahasiswa dapat menjawab 15 item soal. Mahasiswa yang berjenis kelamin perempuan, tinggal di kos, memiliki IPK tinggi, berlatar belakang pendidikan ibu dan ekonomi keluarga yang tinggi cenderung memiliki literasi keuangan yang tinggi. Berdasarkan penelitian diatas, disimpulkan bahwa faktor jenis kelamin, tempat tinggal, IPK, pendidikan ibu dan pendapatan orang tua berpengaruh terha dap literasi keuangan, sedangkan faktor angkatan dan pendidikan ayah tidak berpengaruh terhad ap literasi keuangan mahasiswa. Saran bagi m ahasiswa adalah mahasiswa sebaiknya belajar konsep keuangan secara praktik sehingga dapat meningkatkan intelektualitas mahasiswa terhadap aspek - aspek keuangan. Selain itu mahasiswa sebaiknya terlibat secara langsung dengan pengelolaan keuangan pribadinya. Hal ini akan meningkatkan rasa tanggung jawab mahasiswa terhadap dana yang diberikan oleh orang tua sehingga mahasiswa termotivasi untuk memahami konsep keuangan dengan lebih baik

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Mahasiswa, Manajemen
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: pkl13 tik 2017
    Date Deposited: 16 Mar 2017 10:00
    Last Modified: 16 Mar 2017 10:00

    Actions (login required)

    View Item