ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN KONDISI MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Moh. Zainal Abidin , 7311412057 (2016) ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN KONDISI MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1239Kb)

    Abstract

    Abidin, Mohammad Zainal. 2016. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Kondisi Ekonomi terhadap Return Saham (Studi Kasus pada Perusahaaan Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Anindya Ardiansari, S.E., M.M. Tujuan utama dari aktivitas perdagangan para investor di pasar modal adalah memperoleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental dan kondisi ekonomi yaitu debt to equity ratio, return on asset, price to book value, inflasi, suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan nilai tukar terhadap return saham. Penelitian ini menggunakan sampel dengan data tahunan dari tahun 2011-2014. Jumlah populasi penelitian ini adalah 38 perusahaan dan setelah melewati tahap purposive sampling jumlah sampel menjadi 22 perusahaan. Teknik analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yaitu teknik untuk mengetahui keterkaitan variabel variabel fundamental perusahaan dan kondisi ekonomi terhadap return saham pada perusahaan di Industri Manufaktur sektor Barang Konsumsi. Hasil penelitian diketahui bahwa model persamaan regresi linier berganda menunjukkan Y = 1,245 – 0,079 DER + 0,722 ROA -0,007 PBV + 3,866 Inflasi -20,153 SBI -1.473 Nilai tukar dan nilai adjusted R2 sebesar 16,2 persen. Secara simultan variabel debt to equity ratio, return on asset, price to book value, inflasi, tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap return saham, hal ini dapat dilihat nilai probabilitas sebesar 0,002 < 0,05. Secara parsial variabel tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan nilai tukar berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham. Sedangkan variabel debt to equity ratio, return on asset, dan Inflasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap return saham. Untuk price to book value berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap return saham. Saran yang dapat diberikan adalah Investor dalam menganalisis debt to equity ratio jangan hanya melihat dari segi perusahaan tetapi juga dari tipikal investor. Ketika memutuskan untuk membeli saham maka harga harus mencerminkan nilai buku saham. Mencermati kondisi makro ekonomi khususnya suku bunga Sertifikat Bank Indonesia dan nilai tukar Rupiah/US$. Untuk penggunaan aset, perusahaan perlu melakukan pengamatan yang berkala untuk meningkatkan laba. bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel, memilih sektor yang lebih luas, dan tahun pengamatan yang lebih lama sehingga hasil penelitian akan lebih akurat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Return Saham, Faktor Funndamental, Kondisi Ekonomi
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: pkl13 tik 2017
    Date Deposited: 16 Mar 2017 09:25
    Last Modified: 16 Mar 2017 09:25

    Actions (login required)

    View Item