DAMPAK PROGRAM LATIHAN, KAPASITAS VITAL PARU DAN VO² MAX PADA PEMBALAP SEPEDA ROADBIKE PUTRA KLUB VDCC SEMARANG TAHUN 2015

Tri Aji Ismoyo , 6301411099 (2016) DAMPAK PROGRAM LATIHAN, KAPASITAS VITAL PARU DAN VO² MAX PADA PEMBALAP SEPEDA ROADBIKE PUTRA KLUB VDCC SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tri Aji Ismoyo, 2015.Skripsi ini berudul. Dampak Program Latihan, Kapasitas Vital Paru dan VO² Max Pada Pembalap Sepeda Putra Roadbike Klub VDCC Semarang Tahun 2015 . Skripsi. Jurusan PKLO. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I. Kumbul Slamet Budiyanto , S.Pd,.M.Kes. dan Dosen Pembimbing II. Hadi, S.Pd.,M.Pd. Pembalap sepeda harus memiliki program latihan yang tersusun dengan baik serta komponen kapasitas vital paru dan vo² max yang bagus untuk dapat mengkonsumsi oksigen dalam kapasitas yang besar . Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah : Adakah Hubungan Kapasitas Vital Paru dan VO² Max Pada Pembalap Sepeda Putra Roadbike Klub VDCC Semarang Tahun 2015? , Adakah Peningkatan VO² Max Pada Pembalap Sepeda Roadbike Putra Klub VDCC Semarang pada Tahun 2015?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembalap sepeda putra Klub VDCC Semarang yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Variabel yang digunakan adalah kapasitas vital paru dan vo² max pada pembalap sepeda VDCC Semarang.Penelitian ini menggunakan uji korelasi , uji t dengan aplikasi spss 16. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil uji korelasi antara kapasitas vital paru dan vo² max sebesar 0,046 dengan kesimpulan terdapat hubungan antara kapasitas vital paru dan vo² max serta hasil uji t vo² max dengan nilai sig sebesar 0,596 menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan saat pretest dan post test dengan ini program latihan yang ada pada Klub VDCC Semarang tidak mempengaruhi kualitas vo² max pembalap. Simpulan dalam penelitian ini, terdapat hubungan yang signifikan antara kapasitas vital paru dan vo² max, dan tidak ada pengaruh dari program latihan terhadap vo² max pada pembalap sepeda roadbike putra Klub VDCC Semarang . Adapun saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian sebaiknya pelatih menambahkan latihan endurance di tempat ketinggian, menentukan program latihan beban sesuai dengan porsi atlit dan mengarahkan atlit yang memiliki vo² max tinggi ke dalam nomor yang membutuhkan vo² max yang tinggi mengingat kapasitas vital paru dan vo² max adalah unsur terpenting dalam pembentukan pretasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paru,VO² Max
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 38266 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 12:37
Last Modified: 16 Mar 2017 12:37

Actions (login required)

View Item