ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI


Widiya Rosyadi, 1401412370 (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412370.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar matematika (diskalkulia) merupakan kesulitan mengerjakan bilangan saat melakukan pekerjaan hitungan. Pembagian merupakan keterampilan komputasional yang dipandang paling sulit dipelajari atau diajarkan. Kesulitan belajar ini harus segera diatasi agar tidak menghambat pada materimateri berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengungkap kesulitankesulitan belajar yang dialami siswa dalam melakukan operasi hitung pembagian, (2) mengetahui faktor yang menyebabkan, dan (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dari situasi sosial adanya siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Winong Kabupaten Pati yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung pembagian, dipilih subjek penelitian berjumlah 32 siswa yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung pembagian dan 6 guru yang sebagai informan. Pengumpulan data dari informan menggunakan teknik dokumentasi, angket, wawancara, dan observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kemudian diakukan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut; (a) kesulitan belajar operasi hitung pembagian meliputi kesulitan memahami konsep pembagian, kesulitan dalam prosedur pembagian bersusun, kesulitan mengingat fakta dasar pembagian; (b) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar operasi hitung pembagian antara lain faktor kognitif, minat, perhatian, waktu belajar, faktor orang tua, serta faktor guru; (c) Solusi untuk mengatasi kesulitan pembagian yaitu pembelajaran dilakukan sesuai langkah pembelajaran matematika menurut teori Piaget, menggunakan alat peraga blok Dienes, dan menggunakan strategi algoritma pembagian dengan perpaduan metode pertukaran eksplisit alternatif dan metode chunking. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat disampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan yang dialami siswa; membimbing siswa memahami konsep pembagian; memberikan pembelajaran matematika sesuai tahapan belajar siswa SD pada periode operasi konkret menurut teori Piaget; menggunakan alat peraga blok Dienes; menggunakan strategi algoritma pembagian dengan perpaduan metode perukaran eksplisit alternatif dan metode chunking untuk mengatasi kesulitan; membangun suasana kelas yang menyenangkan dengan permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar dan menarik perhatian siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar; matematika; operasi hitung pembagian; sekolah dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 38255 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:21
Last Modified: 07 Feb 2017 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24887

Actions (login required)

View Item View Item