PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH MATERI PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 01 SEMARANG


Yeni Diana Mella Sari , 1401412463 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH MATERI PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH MATERI PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH MATERI PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 01 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dokumentasi dan wawancara dengan guru, kelas VA SDN Bojongsalaman 01 Semarang memiliki rata-rata hasil belajar PKn yakni 65 yang telah mencapai KKM (65) namun belum optimal. Media yang digunakan terbatas pada media gambar dan tidak semua materi didukung dengan media. Siswa pada dasarnya memiliki karakteristik yang aktif, tetapi karena tidak ada penunjang keaktifan tersebut, siswa sering ramai dan bermain sendiri sehingga kurang memperhatikan pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media puzzle berbasis make a match materi pengambilan keputusan bersama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan desain eksperimen one-shot case study. Tahapan dalam penelitian ini yakni mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan produk, validasi ahli dan uji coba skala kecil, revisi sebagai produk akhir, dan pemakaian skala besar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes dan nontes dengan instrumen tes tertulis, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Penilaian ahli menunjukkan media puzzle berbasis make a match layak sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli. Presentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media yauitu 96,7% dan oleh ahli materi 96,4%. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 23% yakni pada pretest rata-rata hasil belajar sebesar 65 dan posttest 80, pada pemakaian skala besar mengalami peningkatan 20% yaitu rata-rata hasil belajar pretest siswa 71 dan rata-rata posttest 85. N-gain menunjukkan hasil 0,48. Pengujian t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, sehingga media puzzle berbasis make a match materi pengambilan keputusan bersama efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, make a match, media puzzle, pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:40
Last Modified: 08 Dec 2016 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24492

Actions (login required)

View Item View Item